Tautan-tautan Akses

Spanyol Taklukkan Portugal, Hadapi Paraguay di Perempat Final


Tim matador Spanyol menaklukkan Portugal 1-0 di Cape Town, sementara sebelumnya di Pretoria, Paraguay mengalahkan Jepang 5-3 lewat adu penalti.

Tim sepak bola Spanyol mengalahkan Portugal 1-0 dan melaju ke perempat final Piala Dunia di Afrika Selatan. Penyerang David Villa mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan hari Selasa di Cape Town.

Bintang Barcelona itu berhasil mencetak gol pada menit ke 63 setelah sebelumnya penjaga gawang Portugis Eduardo berusaha menghalau bola tendangan Villa, namun bola kembali lagi ke kaki pemain Spanyol itu. Gol tersebut merupakan gol keempat yang dicetak Villa selama turnamen tersebut.

Dengan kemenangan ini, Spanyol akan melawan Paraguay dalam perempat-final hari Sabtu.

Dalam pertandingan 16 besar sebelumnya di Pretoria, Paraguay mengalahkan Jepang 5-3 lewat adu tendangan penalti. Kedua kesebelasan hanya mampu bermain imbang dan sama-sama gagal mencetak gol ke gawang lawan dalam pertandingan 2x45 menit dan pada masa perpanjangan waktu 2x15 menit.

Pemain Paraguay Oscar Cardozo melakukan tendangan penentu kemenangan timnya, setelah sebelumnya penendang penalti ketiga Jepang, Yuichi Komano gagal melesakkan bola ke gawang karena tendangannya membentur mistar gawang Paraguay yang dikawal Justo Villar.

Kekalahan Jepang atas Paraguay semakin mengukuhkan rekor, bahwa tidak ada tim Asia yang pernah mengalahkan tim Amerika selatan dalam 14 kali Piala Dunia. Kekalahan Jepang ini juga berarti, pupus harapan bagi wakil Asia untuk berprestasi lebih jauh di Piala Dunia 2010 setelah sebelumnya tim Korea Selatan juga ditaklukkan Uruguay di babak 16 besar.

Sementara bagi Paraguay, ini adalah untuk pertama-kalinya mereka berhasil maju ke perempat final Piala Dunia dan menjadi negara keempat dari Amerika Selatan yang melaju ke perempat final setelah Uruguay, Argentina, dan Brazil.

Pertandingan perempat final antara tim matador Spanyol dan kesebelasan Paraguay akan dilangsungkan di Johannesburg pada hari Sabtu, 3 Juli 2010.

XS
SM
MD
LG