Tautan-tautan Akses

Pelatih Jepang akan Mundur, Portugal Akui Spanyol Menang Terhormat

  • Arif Budiman

Takeshi Okada sebelumnya berambisi menjadikan Jepang negara Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia.

Turnamen Piala Dunia di Afrika Selatan tidak akan menggelar pertandingan hingga Jumat mendatang, saat partai perempat final digelar, dimana Belanda akan bertemu Brazil dan Uruguay akan berhadapan dengan Ghana.

Dalam partai yang digelar pada hari Selasa, Paraguay dan Spanyol sama-sama melaju ke perempat final.

Paraguay mengalahkan Jepang 5-3 melalui adu tendangan penalti setelah bermain imbang 0-0 sehingga melaju ke perempatfinal untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Adu tendangan penalti dilakukan setelah kedua tim tetap bermain imbang dalam pertandingan normal selama 90 menit serta perpanjangan waktu selama 30 menit.

Pemain pengganti Oscar Cardozo mencetak gol menentukan dari titik penalti di Stadion Loftus Versfeld setelah bola dalam tendangan penalti yang dilakukan pemain Jepang, Yuichi Komano, membentur mistar gawang.

Paraguay akan berhadapan dengan Spanyol di perempatfinal hari Sabtu mendatang.

Menyusul kekalahan timnya, pelatih Jepang Takeshi Okada mengatakan, ia akan mundur. Jepang, sebagai satu-satunya wakil negara Asia yang tersisa, gagal merebut tempat di perempat final melalui akhir mengecewakan saat kalah dalam adu penalti.

Okada sebelumnya berambisi menjadikan Jepang negara Asia pertama yang berhasil mengalahkan tim dari Amerika Selatan di Piala Dunia.

Sementara itu, pelatih Portugal Carlos Queiroz mengaku tetap bangga atas perjuangan tim asuhannya meski disingkirkan Spanyol.

Selasa kemarin, kedua negara bertetangga itu bertarung untuk memperebutkan tiket ke perempat final dan dimenangkan tim Matador dengan skor 1-0.

Quieroz mengkui, Spanyol menang terhormat. Statistik yang dirilis FIFA menunjukkan Spanyol lebih banyak menguasai bola dan melakukan lebih banyak tembakan ke arah gawang lawan.

Portugal sendiri belum pernah kebobolan satu gol pun di ajang Piala Dunia kali ini, sebelum pemain Spanyol David Villa menyarangkan satu gol ke gawang Eduardo, yang membuat Portugal harus angkat kaki dari Afrika Selatan.

Empat tahun lalu di Piala Dunia Jerman, Portugal berhasil melaju sampai ke babak semifinal, namun gagal mencapai final karena ditaklukkan Perancis 1-0. Pada perebutan tempat ketiga Portugal kalah dari tuan rumah Jerman dengan skor 3-1.

XS
SM
MD
LG