Tautan-tautan Akses

AS

Jalan-jalan Tua di AS Kini Jadi Nostalgia

  • Ted Landphair

Sebuah tanda bersejarah sepanjang National Road, dekat Knights, negara bagian Indiana, menceritakan tentang sejarah kota sepanjang jalan tersebut

Sebuah tanda bersejarah sepanjang National Road, dekat Knights, negara bagian Indiana, menceritakan tentang sejarah kota sepanjang jalan tersebut

Jalan-jalan raya di Amerika sudah banyak yang berubah, namun jalan-jalan lama, punya daya tarik tersendiri yang menjadi nostalgia para pengguna jalan raya.

Pada pertengahan pertama abad ke-20 pemerintah negara bagian giat membangun jalan raya untuk mengakomodasi meningkatnya minat atas kendaraan. Jalan-jalan ini tidak seperti jalan sekarang yang lebar, jalan bebas hambatan yang menghubungkan antar negara bagian. Hanya ada dua jalur, dan melewati setiap kota kecil dan besar.

Karena diperlukan berhari-hari untuk bepergian, pengemudi dan keluarga mereka selalu mencari sesuatu yang menarik untuk mengusir kebosanan.

Jadi sepanjang jalan, para pengusaha membangun taman-taman hiburan dan restoran serta penginapan yang disebut “motor courts”. Ular peliharaan, gua kecil dan gua besar, kebun binatang mini dan juga atraksi lainnya.

Sebagian pemilik atraksi sangat kreatif, mengubah bangunan usaha mereka menjadi atraksi wisata yang menarik perhatian seperti berupa teko kopi raksasa, hamburger besar, kincir angin Belanda, gerbong kereta api penumpang atau berupa kapal.

Seluruh bangunan dibentuk seperti balon udara, atau sepatu. Dekat Everett, Pennsylvania orang membangun toko es krim dalam bentuk kue kerucut tempat es krim dengan cokelat dan buah cherry di atasnya.

Di tempat lain kita melihat bisnis dalam bentuk donat, mercusuar bahkan ukuran besar pesawat Lockheed Super G Constellation lengkap dengan baling-baling. Tempat itu adalah tempat minum.

Tapi dengan adanya jalan raya bebas hambatan yang mengalihkan pengemudi dari jalan-jalan dua jalur lalu lintas di jalan ini menjadi sepi sekali dan banyak atraksi-atraksi unik ini bangkrut.

Masyarakat kemudian cenderung menginginkan keseragaman. Jika orang melihat reklame Kentucky Fried Chicken di Wyoming, orang akan mengetahui ayam itu rasanya sama seperti yang di Indiana. Tapi jika orang melihat restoran berbentuk seperti ayam orang akan berfikir “Itu kelihatannya aneh” dan mungkin tidak berhenti, juga meskipun makanannya enak disana, orang tahu pelayanannya tidak akan secepat di restoran cepat saji.

Hanya sedikit tempat-tempat lama, yang tidak lazim yang masih berdiri dan bahkan lebih sedikit lagi yang masih beroperasi. Sebagian besar sudah dirobohkan dan sudah lama terlupakan. Tapi kalau pelaku perjalanan berpapasan dengan tempat-tempat tersebut dan berhenti sejenak, ada banyak kenangan yang membuat mereka tersenyum.
XS
SM
MD
LG