Tautan-tautan Akses

Islam Agama dengan Pertumbuhan Tercepat pada Beberapa Dekade Mendatang

  • Associated Press

Dua perempuan Mesir membeli pewarna kuku "yang bisa bernafas" dari sebuah toko di mal di Dubai. (Foto: Dok)

Dua perempuan Mesir membeli pewarna kuku "yang bisa bernafas" dari sebuah toko di mal di Dubai. (Foto: Dok)

Sebagai sebuah kelompok, Muslim lebih muda dan memiliki lebih banyak anak dibandingkan umat agama lain, mendorong pertumbuhan global mereka, menurut para peneliti.

Dalam empat dekade mendatang, Islam diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan agama besar lainnya di dunia, dengan populasi Muslim yang hampir menyamai Kristen baik dalam jumlah maupun persentase dalam populasi global, menurut perkiraan-perkiraan yang dirilis pekan lalu.

Kristen akan tetap menjadi kelompok agama terbesar, meningkat menjadi 2,92 miliar penganut pada 2050 jika tren-tren demografis saat ini berlanjut. Namun jumlah Muslim akan mencapai 2,76 miliar orang, membuat masing-masing kelompok akan mencakup 30 persen populasi dunia, menurut para analis dari Pew Research Center said.

Proyeksi-proyeksi dalam laporan "Masa Depan Agama-Agama Dunia" itu didasarkan pada angka kelahiran dan kematian, pola imigrasi dan tingkat kepindahan agama, di antara informasi lain yang ditemukan dalam sensus-sensus, survei demografi dan laporan tambahan yang menanyai orang-orang untuk mengidentifikasi agama yang mereka anut.

Pertumbuhan agama Kristen dan Islam akan banyak terjadi di Afrika. Namun Muslim juga akan tumbuh untuk mencakup 10 persen populasi Eropa dan akan melebihi jumlah Yahudi di Amerika Serikat pada pertengahan abad.

India diperkirakan akan tetap dengan mayoritas Hindu, namun negara itu akan melewati Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Sebagai sebuah kelompok, Muslim lebih muda dan memiliki lebih banyak anak dibandingkan umat agama lain, mendorong pertumbuhan global mereka, menurut para peneliti.

Laporan ini adalah yang terbaru untuk mengukur bagaimana agama Kristen di negara-negara berkembang jauh melewati pertumbuhan agama itu di Barat. Pada 2050, empat dari 10 orang Kristen diperkirakan ada di Afrika dan Kristen tidak lagi akan menjadi mayoritas di Inggris, Perancis dan Australia.

Ateis, agnostik dan orang-orang yang tidak mengidentifikasi diri dengan agama akan banyak meningkat di Eropa dan Amerika Utara, namun secara global turun dari sekitar 16 persen menjadi 13 persen populasi.

Di AS, orang-orang yang tidak berafiliasi agama diproyeksikan akan menjadi lebih dari seperempat populasi, sementara persentase Kristen diperkirakan akan turun dari lebih dari tiga perempat menjadi dua pertiga.

Jumlah Buddhis akan kurang lebih sama, namun karena pertumbuhan penduduk global secara keseluruhan, akan mencakup persentase lebih rendah dalam populasi dunia. Pemeluk Hindu akan tumbuh untuk mencapai 1,4 miliar orang. Di seluruh dunia, jumlah orang Yahudi diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 16 persen menjadi 16,1 juta.

XS
SM
MD
LG