Tautan-tautan Akses

New York Jadikan Idul Adha, Idul Fitri sebagai Hari Libur Sekolah


Sholat Idul Fitri di Brooklyn, New York (foto: dok).

Sholat Idul Fitri di Brooklyn, New York (foto: dok).

Sekolah-sekolah negeri di New York kini akan merayakan dua hari libur Muslim, demikian pengumuman pejabat-pejabat kota itu hari Rabu (4/3) menjadikan New York sebagai salah satu dari sedikit kota yang secara resmi memasukkan hari libur Muslim ke dalam kalender akademis.

Pengumuman yang disampaikan Walikota New York Bill de Blasio dan Konselor Sekolah di New York Carmen Farina, sekolah-sekolah negeri di kota itu akan diliburkan pada tanggal 24 September yang merupakan hari Idul Adha. Hari libur lain dalam agama Islam, yaitu hari Idul Fitri, juga akan menjadi hari libur sekolah mulai musim panas tahun 2016.

Keputusan itu berdampak pada sekitar satu juta siswa di New York. Meski belum mengetahui berapa banyak sesungguhnya siswa yang beragama Islam, Ketua Dewan Kota New York Melissa Mark-Viverito mengatakan hampir satu juta dari lebih delapan juga orang di lima kabupaten kota itu mempraktekkan ajaran Islam. Studi yang dilakukan Universitas Columbia tahun 2009 juga mendapati bahwa sekitar 10 persen siswa sekolah negeri di New York beragama Islam.

Langkah ini tidak mengejutkan karena sebelumnya de Blasio telah berkampanye untuk menyesuaikan kalender akademis sekolah dengan hari libur warga Muslim.

“Siswa-siswa Muslim dan keluarga yang merayakan Idul Adha dan Idul Fitri seharusnya tidak perlu memilih antara tetap bersekolah atau menjalankan kewajiban agama mereka” ujar Carmen Farina. “Tambahan hari libur baru ini juga akan memungkinkan proses mempelajari toleransi beragama dan sumbangan masyarat pada beragam budaya yang ada”.

Menurut siaran pers dari kantor Konselor Sekolah New York, kota itu mengikuti sekolah di beberapa distrik negara bagian lain – termasuk New Jersey, Massachusetts dan Vermont – yang juga merayakan hari libur Muslim yang sama.

Idul Fitri dan Idul Adha akan mengikuti hari libur keagamaan lain yang sudah ditetapkan di kalender akademik kota New York, seperti hari Paskah, Jumat Agung dan Natal bagi umat Kristen, dan hari libur Rosh Hashanah dan Yom Kippur bagi umat Yahudi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG