Tautan-tautan Akses

Greenpeace: Radiasi Tinggi pada Rumput Laut Dekat Fukushima


Pemeriksaan tingkat radiasi makanan impor asal Jepang. Radiasi tinggi membahayakan warga yang mengkonsumsi rumput laut dari perairan Jepang.

Pemeriksaan tingkat radiasi makanan impor asal Jepang. Radiasi tinggi membahayakan warga yang mengkonsumsi rumput laut dari perairan Jepang.

Greenpeace menemukan tingkat radiasi 50 kali lebih tingi daripada batas resmi pada rumput laut di lepas pantai timur-laut Jepang.

Sebuah organisasi lingkungan terkemuka mengatakan pemantauannya menunjukkan peningkatan kadar radiasi dalam binatang dan tanaman laut dekat pembangkit nuklir Jepang yang rusak dan bocor.

Organisasi Greenpeace mengeluarkan pernyataan hari Kamis yang mengatakan pihaknya telah menemukan tingkat radiasi 50 kali lebih tingi daripada batas resmi pada rumput laut di lepas pantai timur-laut Jepang.

Dua minggu sebelumnya, tingkat radiasi kira-kira 5 kali batas resmi dalam sampel yang dites.

Greenpeace mengatakan besarnya tingkat radiasi tersebut menimbulkan bahaya terhadap masyarakat Jepang yang mengkonsumsi beberapa jenis rumput laut, dan juga berbahaya terhadap para nelayan yang mengambilnya.

Organisasi itu mengatakan data mereka menunjukkan bahwa radiasi sedang menyebar ke jarak yang jauh dari pembangkit listrik di Fukushima.

PLTN Fukushima membocorkan radiasi tidak lama setelah pembangkit nuklir itu dilanda gempa dan tsunami pada tanggal 11 Maret lalu.

XS
SM
MD
LG