Tautan-tautan Akses

Gempa 6,5 Skala Richter Guncang Pidie Jaya, Aceh


Jalan Utama Medan-Banda Aceh di kawasan Pidie yang terkena dampak gempa, Rabu 7/12. (Foto courtesy: Afiliasi VOA)

Jalan Utama Medan-Banda Aceh di kawasan Pidie yang terkena dampak gempa, Rabu 7/12. (Foto courtesy: Afiliasi VOA)

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu pagi (7/12).

Pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG) yang diterima VOA beberapa saat lalu menyatakan pusat gempa terletak pada 5,24 lintang utara dan 96,24 bujur timur, pada jarak 106 kilometer arah tenggara kota Banda Aceh, pada kedalaman 15 kilometer. Gempa tidak memicu tsunami.

BMKG menyatakan guncangan kuat terjadi di Basugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng dan Pohroh. Seluruh daerah ini mengalami kerusakan ringan, seperti retaknya dinding-dinding rumah dan bergesernya atap rumah.

Gempa yang terjadi selama kira-kira 15 detik ini membuat masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD mengatakan sejumlah rumah dan bangunan roboh. Sedikitnya 10 ruko, 4 rumah dan beberapa tiang listrik di daerah Pidie Jaya roboh. Tim reaksi cepat BPBD sudah berada di lokasi untuk mendata dan memberi bantuan pada masyarakat.

Beberapa warga yang dikontak VOA melalui telepon mengatakan hingga saat ini masih terjadi gempa susulan sebanyak 5-6 kali. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG