Tautan-tautan Akses

Gempa 7,3 SR Guncang Pesisir Timur Jepang

  • Associated Press

Peta perkiraan lokasi episentrum gempa bumi, dekat Tomioka, Jepang.

Peta perkiraan lokasi episentrum gempa bumi, dekat Tomioka, Jepang.

Belum ada laporan mengenai korban yang tewas namun warga diminta melakukan evakuasi karena tsunami setinggi 3 meter dapat menghantam pesisir timur laut.

Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang lepas pesisir prefektur Fukushima di Jepang timur laut Selasa pagi (15/11).

Badan Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi 10 kilometer di bawah tanah, sekitar 250 kilometer dari arah timur laut ibukota Tokyo.

Belum ada laporan mengenai korban yang tewas. Namun lembaga penyiaran publik Jepang, NHK, memperingatkan warga untuk mengevakuasi wilayah tersebut karena tsunami setinggi 3 meter dapat menghantam pesisir timur laut.

Daerah tersebut merupakan tempat adanya pembangkit listrik tenaga nuklir Daiichi milik perusahaan Tepco, yang hancur dalam gempa bumi dan tsunami bulan Maret 2011. Gempa tersebut berkekuatan 9 SR, gempa terkuat yang pernah tercatat di Jepang.

Tsunami masif yang dipicu gempa menyebabkan krisis nuklir terburuk di dunia sejak bencana Chernobyl seperempat abad yang lampau.

Gempa umum terjadi di Jepang, salah satu wilayah seismik yang aktif di dunia. Negara ini mencakup sekitar 20 persen gempa bumi di dunia dengan kekuatan 6 SR atau lebih.‚Äč [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG