Tautan-tautan Akses

Gempa Guncang Banten, Jawa Barat dan Jakarta 


Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Kemasyarakatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Foto: Dok)

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Kemasyarakatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (Foto: Dok)

Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 Skala Richter telah mengguncang beberapa wilayah di bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta, hari Rabu (19/10).

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pusat gempa ada di Laut Jawa pada kedalaman 120 kilometer dan kedalaman 654 kilometer yang terjadi pada pukul 07.25 WIB. Gempa tidak membangkitkan tsunami.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengukuhkan dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan ringan hingga lemah.

Beberapa wilayah di bagian utara Banten, Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa selama 5 hingga 8 detik. Masyarakat di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang dilaporkan merasakan guncangan tetapi lemah.

Masyarakat di Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen merasakan guncangan yang lebih kuat. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal. [jm]

XS
SM
MD
LG