Tautan-tautan Akses

Foto Langka Marilyn Monroe Dipamerkan di Polandia


"Ballerina Sitting" adalah salah satu koleksi foto Marilyn Monroe yang diabadikan oleh Milton H. Greene dan kini menjadi milik Arsip Negara Polandia.

"Ballerina Sitting" adalah salah satu koleksi foto Marilyn Monroe yang diabadikan oleh Milton H. Greene dan kini menjadi milik Arsip Negara Polandia.

Foto-foto Marilyn Monroe yang diabadikan oleh fotografer Milton H. Greene akan dipajang di kota Wrocklaw, Polandia musim panas ini sebagai bagian dari koleksi langka foto aktris AS tersebut.

Kota Wrocklaw yang terletak di Polandia barat sukses membeli foto-foto itu di lelang tahun lalu seharga 6,4 juta zloty ($1.69 juta) menurut media lokal, dan koleksi itu menjadi atraksi besar untuk kota Wroclaw, yang akan menjadi salah satu ibukota budaya Eropa pada tahun 2016.

Koleksi tersebut terdiri dari 3.000 cetakan dan juga termasuk foto-foto aktris lain seperti Audrey Hepburn, Grace Kelly, Judy Garland dan Marlene Dietrich.

Foto-foto tersebut diambil di lokasi syuting, bioskop, sesi foto majalah dan latar belakang kegiatan pribadi.

Preview 47 foto Monroe, termasuk “Ballerina Sitting”, dipamerkan pada kritikus seni dan fotografi pada hari Selasa (21/4) sementara pamerannya sendiri yang berjudul “Good day, Marilyn”, akan dibuka untuk umum pada bulan Juli.

“Seseorang yang melihat pameran itu akan bisa melihat Marilyn Monroe yang berbeda di tiap foto karena foto-foto ini menampilkan dirinya sebagai artis tapi juga seorang individu,” kata kurator pameran Marek Stanielewicz.

“Marilyn Monroe berpose di beberapa foto tapi foto lainnya menunjukkan ia dalam situasi-situasi yang akrab. Inti dari foto-foto ini adalah menunjukkan Marilyn Monroe tidak hanya sebagai aktris yang hebat dan simbol seks tapi Marilyn Monroe sebagai manusia dan perempuan.”

Greene, yang bekerja untuk majalah seperti Harper's Bazaar dan Vogue, menjadi teman Monroe setelah bertemu dalam sebuah sesi foto. Mereka kemudian mendirikan perusahaan produksi dan Monroe akhirnya tinggal bersama fotografer tersebut dan keluarganya, dan ia mengambil banyak foto Marilyn. Greene meninggal tahun 1985.

Polandia mendapatkan foto-foto tersebut sebagai bagian dari penyelesaian dalam kasus penggelapan yang melibatkan pengusaha AS pada tahun 1990an. Bagian pertama foto-foto Monroe dilelang tahun 2012.

XS
SM
MD
LG