Tautan-tautan Akses

Film 'Koran By Heart' Tayang di Jaringan Televisi HBO

  • Dewi Sitompul

Film 'Koran by Heart' mengisahkan kompetisi internasional tingkat anak-anak dalam lomba menghafal al-Qur’an (foto: ilustrasi).

Film dokumenter berjudul 'Koran By Heart' garapan sutradara Greg Barker yang ditayangkan jaringan televisi Amerika, HBO, awal Agustus ini mengisahkan perjalanan tiga anak berusia 10 tahun dari Senegal, Tajikistan dan Maladewa menuju Mesir untuk mengikuti MTQ internasional.

Tiga anak berusia 10 tahun, yaitu Nabiollah dari Tajikistan, Djamil dari Senegal dan Rifdha dari Maladewa pergi ke Mesir untuk mengikuti MTQ internasional. Dalam kompetisi yang diikuti 70 negara ini 100 anak menghafal 114 surat dalam Qur’an yang terdiri dari 6.200 ayat dan 200.000 kata dalam bahasa Arab.

Penilaian kompetisi ini didasarkan pada ketepatan bacaan, semangat membaca, dan indahnya melodi yang dilantunkan.

Sutradara Greg Barker, yang dulu berprofesi sebagai wartawan lepas dan wartawan perang, tidak hanya membuat film yang menghibur, tetapi juga menggambarkan kesulitan yang dihadapi orangtua Muslim dan anak-anak mereka dalam menyeimbangkan kehidupan yang sekuler dan agamis.

Dalam film itu digambarkan bagaimana Djamil diajarkan oleh gurunya di Senegal bahwa Islam adalah agama damai dan orang Islam harus menganut prinsip tersebut dalam hidupnya, tetapi pemerintah Senegal menutup sekolah yang dikhawatirkan akan mengembangkan ajaran fundamentalis.

Di sisi lain, Nabiollah yang bisa membaca dan bahkan hafal Qur’an, buta huruf dalam bahasanya sendiri, sementara Rifdha gadis kecil dari Maladewa bermimpi untuk menjadi peneliti dan mencari tahu apa yang terjadi di laut malam hari, tak hanya sekedar menjadi seorang isteri seperti yang diinginkan ayahnya. Ketiga kisah ini benar-benar memberi gambaran kehidupan keluarga Muslim di berbagai negara di dunia.

Dalam sebuah wawancara media, Greg Baker mengatakan kontroversi seputar Islam akan menjadi bagian dari kehidupan saat ini dan akan menjadi bagian dari kehidupan pada masa mendatang. Ia mengatakan bahwa filmnya tersebut berkaitan dengan isu penting yang bisa dilihat dengan cara yang menyenangkan dan menarik lewat anak-anak tersebut.

Film ini diputar di jaringan televisi HBO pada awal Agustus ini.

XS
SM
MD
LG