Tautan-tautan Akses

AS

FBI Bayar Lebih dari $1 Juta untuk Retas iPhone


Direktur FBI, James Comey (foto: dok).

Direktur FBI, James Comey (foto: dok).

Biro Penyelidik Federal AS (FBI) membayar pihak ketiga untuk meretas iPhone milik teroris bersenjata di San Bernardino, California yang tewas setelah melakukan serangan 2 Desember tahun lalu.

Direktur FBI mengatakan badan yang dipimpinnya membayar lebih dari 1 juta dolar untuk alat peretas yang mengatasi fitur-fitur keamanan pada iPhone milik teroris bersenjata di San Bernardino, California.

Berbicara pada forum keamanan di London hari Kamis (21/4), Direktur FBI James Comey tidak memberi angka sebenarnya, dan siapa yang membantu FBI, tetapi dia mengatakan biayanya lebih besar dari gaji totalnya untuk sisa masa jabatannya yang masih 7 tahun itu.

Direktur FBI gajinya 180 ribu dolar per tahun, yang berarti, FBI membayar $ 1 juta 260 ribu atau lebih.

Apple dan Kejaksaan secara terbuka berselisih selama 43 hari karena penolakan Apple untuk membuat program untuk agen FBI yang hendak menelusuri apakah ada informasi di iPhone itu yang bisa membantu penyelidikan mereka terhadap serangan teroris pada Desember yang menewaskan 14 orang itu.

Apple membela keputusannya untuk menolak bekerja sama, katanya, alat seperti itu akan memaksa perusahaan memperlemah keamanan pada perangkat teleponnya. [jm]

XS
SM
MD
LG