Tautan-tautan Akses

AS

Alat FBI untuk Buka iPhone Tak Bisa Dipakai pada Model Baru


Direktur FBI, James Comey memberikan keterangan pers (foto; dok).

Direktur FBI, James Comey memberikan keterangan pers (foto; dok).

Direktur FBI mengatakan alat yang digunakan oleh FBI untuk membuka iPhone teroris San Bernardino itu, disediakan oleh pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya.

Metode rahasia yang digunakan untuk membuka iPhone produksi Apple yang digunakan oleh penembak di San Bernardino, hanya bisa dipakai di sejumlah kecil ponsel, kata Direktur FBI, James Comey, Rabu (6/4).

Dia mengatakan alat yang digunakan oleh FBI untuk membuka telepon itu, disediakan oleh pihak ketiga yang tidak disebutkan namanya, tidak bisa digunakan pada model iPhone yang lebih baru, seperti 5s, 6, atau 6s.

FBI mengakhiri sengketa hukum dengan perusahaan Apple setelah memperoleh teknologi dan mengakses telepon yang bersangkutan, tetapi ini menyebabkan masalah hukum tentang enkripsi iPhone dan privasi pada umumnya belum terungkap.

FBI tetap menghadapi prospek akan sekali lagi meminta bantuan Apple untuk membuka iPhone terkait kasus di masa depan. Departemen Kehakiman telah meminta pengadilan New York untuk memaksa Apple membuka sebuah iPhone 6s dalam penyelidikan narkoba.

Jaksa dalam kasus itu akan memberi tahu pengadilan tentang keputusannya apakah akan meminta bantuan Apple pada tanggal 11 April, tetapi dengan demikian pemerintah bisa memberikan perusahaan itu kesempatan untuk memaksa FBI mengungkapkan teknologi rahasia dengan alasan itu adalah temuan legal, demikian kata sebuah sumber yang akrab dengan situasi ini kepada kantor berita Reuters. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG