Tautan-tautan Akses

Fasilitas Gratis di Silicon Valley Dorong Semangat Kerja


Google menyebut kampusnya sebagai Googleplex, gabungan antara Google dan complex (VOA/Vina).

Google menyebut kampusnya sebagai Googleplex, gabungan antara Google dan complex (VOA/Vina).

Selain menawarkan gaji dan tunjangan menggiurkan, perusahaan teknologi global di Silicon Valley, California, juga memberikan berbagai fasilitas gratis.

Perusahaan teknologi global Amerika seperti Google dan Facebook sering masuk dalam daftar tempat bekerja terbaik versi majalah Forbes. Selain menawarkan gaji dan tunjangan menggiurkan, mereka juga memberikan berbagai fasilitas gratis.

Markas Google di Mountain View, San Francisco Bay Area sering disebut Google Campus karena situasinya mirip seperti kampus. Di kompleks yang luas ini tersedia layanan antar jemput, belasan kantin, sepeda untuk berkeliling kampus, lapangan voli, kolam renang, sampai truk cukur rambut.

Sementara di Facebook suasananya lebih mirip kota kecil, dengan café-cafe, ruang bermain game, bengkel sepeda, dan berbagai sudut yang unik.

Markas Facebook di Menlo Park, Silicon Valley (VOA/Vina).

Markas Facebook di Menlo Park, Silicon Valley (VOA/Vina).

Perusahaan lain yang lebih kecil, Mozilla, juga mengadopsi budaya kerja santai. Bahkan di sebuah ruang pertemuan terdapat sebuah kolam berisi ribuan bola yang bisa digunakan untuk mandi bola.

Berbagai fasilitas ini turut dinikmati Farishki Vidyan, mahasiswa Universitas Indonesia, yang berkesempatan magang selama tiga bulan di Mozilla. Ditemui di kantornya di Mountain View baru-baru ini, Farishki mengatakan kepada VOA fasilitas-fasilitas itu bisa menambah semangat kerja.

Truk gunting rambut gratis di Google (Foto: VOA/ Vina)

Truk gunting rambut gratis di Google (Foto: VOA/ Vina)

“Supaya kita di sini enjoy kerjanya. Di kantor Mozilla itu banyak fasilitas. Misalnya bilyar, games console, ping pong, dan lain-lain. Di sini kita work hard play hard.

Kantin gratis, ruang permainan atau pojokan santai adalah pemandangan yang umum di banyak perusahaan teknologi dan perusahaan rintisan di Silicon Valley. Fasilitas ini menjadi magnet bagi ribuan pencari kerja dari seluruh dunia. [vm/al]

XS
SM
MD
LG