Tautan-tautan Akses

Fraksi Republik DPR AS Bahas Usul Kenaikan Utang AS


Ketua DPR AS John Boehner bersama para anggota DPR fraksi Republik memberikan keterangan kepada wartawan di gedung Capitol (4/10).

Ketua DPR AS John Boehner bersama para anggota DPR fraksi Republik memberikan keterangan kepada wartawan di gedung Capitol (4/10).

Anggota DPR AS Fraksi Republik akan membahas isu tersebut Kamis pagi, beberapa jam sebelum pertemuan dengan Presiden Obama di Gedung Putih.

Media berita Amerika mengatakan, fraksi Republik dalam Kongres sedang membahas usul untuk memperpanjang-sementara wewenang pemerintah untuk mengambil utang dalam upaya mengakhiri kebuntuan dengan Presiden Barack Obama dan menghindari penunggakan pembayaran cicilan hutang.

Fraksi Republik akan membahas isu tersebut Kamis pagi, beberapa jam sebelum sekelompok kecil legislator Republik bertemu dengan Obama di Gedung Putih.

Obama mengundang ke-232 legislator Republik dalam DPR ke Gedung Putih hari Kamis, tetapi ketua DPR John Boehner hanya mengirim 18 legislator yang menduduki jabatan kepemimpinan.

Sementara itu, Menteri Keuangan Jack Lew akan memberikan keterangan di depan sebuah komisi Senat hari Kamis mengenai perlunya pemerintah menaikkan pagu utang selambat-lambatnya tanggal 17 Oktober, pada waktu Amerika kehabisan uang untuk membayar cicilan hutangnya yang akan membuat peringkat kredit Amerika diturunkan, dan memicu krisis ekonomi.

Perbedaan pendapat antara Obama dan faksi Republik dalam Kongres mengenai program layanan kesehatan yang disebut Obamacare mengakibatkan penutupan parsial pemerintah, yang pada hari Kamis (10/10) ini memasuki hari kesepuluh.
XS
SM
MD
LG