Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Optimis DPR AS akan Lakukan Hal yang Tepat


Juru bicara Gedung Putih Jay Carney menyatakan, Presiden Obama optimis bahwa fraksi Republik di DPR AS akan melakukan langkah yang tepat (foto: dok).

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney menyatakan, Presiden Obama optimis bahwa fraksi Republik di DPR AS akan melakukan langkah yang tepat (foto: dok).

Gedung Putih mengatakan keyakinannya bahwa fraksi Republik di DPR Amerika akan melakukan hal yang tepat untuk menghentikan penutupan operasi pemerintah AS.

Krisis anggaran Amerika memasuki hari kesembilan, dan Gedung Putih mengatakan keyakinannya bahwa fraksi Republik di DPR “akan melakukan hal yang tepat” dan meloloskan undang-undang tentang pagu utang dan membuka kembali beberapa bagian kegiatan pemerintah yang kini terhenti.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Rabu (9/10) juga mengatakan Presiden Barack Obama telah memerintahkan Departemen Pertahanan dan kantor anggaran agar segera mencari cara penyelesaian hukum bagi pembayaran tunjangan untuk keluarga militer yang telah dihentikan semasa penutupan operasi pemerintah itu.

Ketua DPR John Boehner telah mengecam pemerintahan Obama karena menahan pembayaran tersebut. Ia mengatakan Kongres telah memberi Pentagon wewenang untuk meneruskan pembayaran dalam sebuah undang-undang yang ditandatangani sebelum penghentian operasi pemerintah 1 Oktober lalu.

Penghentian sebagian operasi pemerintah ini adalah akibat kegagalan Kongres meloloskan RUU anggaran sementara. Kongres juga kini dalam keadaan yang tidak memungkinan kemajuan terkait perpanjangan wewenang peminjaman uang oleh pemerintah setelah tanggal 17 Oktober, ketika Amerika sama sekali tidak bisa membayar semua tagihannya.

Fraksi Republik menuntut pembicaraan tentang pengurangan defisit anggaran dan perombakan UU asuransi kesehatan 2010 sebelum memberi otorisasi untuk meningkatkan pinjaman dan memperbolehkan pegawai federal yang dirumahkan untuk kembali bekerja. Fraksi Demokrat ingin Kongres terlebih dulu mengakhiri penghentian operasi pemerintah dan menaikkan pagu utang.
XS
SM
MD
LG