Tautan-tautan Akses

Duterte Dilantik sebagai Presiden Filipina


Rodrigo Duterte resmi diambil sumpahnya sebagai presiden ke-16 Filipina, Kamis (30/6).

Rodrigo Duterte resmi diambil sumpahnya sebagai presiden ke-16 Filipina, Kamis (30/6).

Rodrigo Duterte resmi diambil sumpahnya sebagai presiden ke-16 Filipina, Kamis (30/6), dalam upacara yang bersahaja di ibukota.

Tidak seperti pemimpin-pemimpin Filipina sebelumnya, Duterte tidak mengucapkan sumpah jabatannya di hadapan hadirin dalam jumlah besar. Ia telah sering mengecam gaya hidup mewah yang dikaitkan dengan jabatan, dengan mengatakan ia akan bepergian dengan truk pikap, bukannya mobil kepresidenan Mercedes yang anti peluru.

Duterte secara dramatis telah bertekad akan membersihkan Filipina dari penjahat dalam enam bulan pertama masa jabatannya. Meskipun banyak warga yang menyambut baik tindakan ini, aktivis HAM di berbagai penjuru dunia khawatir mengenai kemungkinan aksi penangkapan, pembunuhan dan pelanggaran HAM.

Dalam pidato pelantikannya, Duterte mengatakan, ia tahu ada orang-orang yang tidak menyetujui caranya memerangi kriminalitas. Perang melawan kejahatan akan berlangsung tanpa henti dan akan dipertahankan, lanjutnya.

Mantan walikota Davao berusia 71 tahun dan lama menjabat sebagai jaksa itu dipilih Mei lalu untuk masa jabatan enam tahun dalam peran pertamanya di kancah politik nasional. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG