Tautan-tautan Akses

2 Pesawat Pembom Rusia Terbang Dekat Wilayah Udara Inggris


Pesawat pembom jarak jauh jenis Bear milik Rusia terbang di dekat wilayah udara Inggris hari Rabu (28/1).

Pesawat pembom jarak jauh jenis Bear milik Rusia terbang di dekat wilayah udara Inggris hari Rabu (28/1).

Jet-jet tempur Typhoon dari Royal Air Force (RAF) bergegas mencegat kedua pesawat pembom Rusia yang berada dekat wilayah Inggris hari Rabu (28/1).

Pemerintah Inggris hari Kamis (29/1) memanggil Duta Besar Rusia untuk menjelaskan mengapa dua pesawat pembom jarak jauh jenis Bear milik Rusia terbang di dekat wilayah udara Inggris, memaksa pemerintah Inggris untuk mengalihkan penerbangan pesawat sipil.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat-pesawat jet tempur Typhoon dari Royal Air Force (RAF) bergegas mencegat kedua pesawat pembom Rusia, yang berada di "wilayah penting bagi Inggris " hari Rabu.

Pesawat-pesawat Rusia itu tidak masuk ke wilayah udara Inggris, tapi terbang di atas Selat Inggris tanpa berkomunikasi dengan petugas kontrol lalu lintas udara Inggris.

Inggris menyebut manuver itu "bagian dari pola peningkatan operasi luar wilayah oleh pesawat Rusia." Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan mereka mencegat pesawat-pesawat milik Rusia sebulan sekali.

NATO melakukan lebih dari 100 pencegatan pesawat Rusia pada tahun 2014, tiga kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Kegiatan udara Rusia di wilayah tersebut juga menjadi kekhawatiran bagi negara-negara lain di sekitarnya.

Perwira angkatan udara Estonia, hari Selasa (27 Januari) mengatakan pelanggaran wilayah udara Baltic oleh Rusia telah meningkat seiring meningkatnya krisis Ukraina tahun 2014.

Hari Rabu, Departemen Pertahanan Lithuania mulai membagikan panduan keselamatan pada masa perang ke sekolah-sekolah di seluruh negeri.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG