Tautan-tautan Akses

NATO Adakan Pertemuan Luar Biasa Bahas Ukraina


Sekjen NATO Jens Stoltenberg berbicara pada pertemuan NATO di Brussels, Belgia (foto: dok).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg berbicara pada pertemuan NATO di Brussels, Belgia (foto: dok).

Para pejabat NATO mengadakan pertemuan “luar biasa” di Brussels, hari Senin (26/1) untuk membahas meningkatnya pertempuran di Ukraina timur.

Duta Besar dari 28 negara anggota NATO dan Ukraina bertemu dalam pertemuan luar biasa di Brussels, Belgia. Reuters melaporkan pertemuan itu diadakan atas permintaan Kyiv.

Sebelumnya, Senin (26/1) pagi, militer Ukraina mengatakan tujuh tentaranya tewas pada hari terakhir dalam pertempuran di Ukraina timur yang dikoyak perang. Para pejabat mengatakan sedikitnya 24 tentara terluka dalam kekerasan itu.

Pertempuran antara pasukan Ukraina dan pemberontak pro-Rusia dalam beberapa hari ini telah berada pada tingkat terburuk sejak kesepakatan gencatan senjata pada bulan September.

Presiden Amerika Barack Obama dan para pemimpin Eropa mengancam akan mengenakan sanksi baru terhadap Rusia setelah pemberontak melancarkan serangan roket mematikan di kota pelabuhan Mariupol hari Sabtu.

Hari Minggu Obama mengatakan akan meningkatkan tekanan terhadap Moskow menyusul serangan yang menewaskan sedikitnya 30 orang dan melukai lebih dari 80 orang lainnya ketika serangan roket menghantam sebuah pasar dan beberapa gedung apartemen.

XS
SM
MD
LG