Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti-Pemerintah Suriah Bakar Sejumlah Gedung


Demonstrasi anti-pemerintah berlangsung di Suriah selatan untuk hari ketiga (20/3).

Demonstrasi anti-pemerintah berlangsung di Suriah selatan untuk hari ketiga (20/3).

Pasukan keamanan di kota Dera’a melepaskan tembakan gas air mata dan peluru tajam untuk membubarkan demonstran hari Minggu pagi.

Demonstran di Suriah telah membakar sejumlah gedung, termasuk kantor pengadilan di kota Dera’a, di bagian selatan. Kota itu telah diguncang demonstrasi untuk hari ketiga.

Saksi-saksi mata di kota Dera’a mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan gas air mata dan peluru tajam untuk membubarkan demonstran hari Minggu pagi. Kata seorang aktivis HAM, satu orang tewas dan sedikitnya 40 orang luka-luka. Empat orang tewas ditembak pasukan keamanan hari Jumat di kota yang sama.

Saksi-saksi mata di kota Dera’a mengatakan, para demonstran menyerukan diakhirnya pemberlakuan undang-undang darurat. Demonstran juga marah karena adanya penangkapan-penangkapan massal dan menyerukan supaya pejabat yang bertanggung-jawab dipecat.

Kata pejabat, sebuah delegasi pemerintah pusat sedang berada di kota Dera’a untuk menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga korban yang tewas ditembak pasukan keamanan hari Jumat.

Pemerintah juga telah membebaskan 15 orang anak muda yang ditangkap karena melakukan aksi corat-coret anti-pemerintah di dinding bangunan. Para aktivis pro-demokrasi di Suriah sedang berusaha membebaskan tahanan-tahanan politik dan minta kebebasan yang lebih luas dari pemerintahan presiden Bashar al-Assad.

XS
SM
MD
LG