Tautan-tautan Akses

4 Tewas dalam Aksi Protes di Suriah


Membawa poster Presiden Bashar Assad, sekelompok warga Suriah melakukan aksi protes di luar Kedubes Suriah di Kairo pekan ini.

Menurut media pemerintah Suriah, penghasut berusaha membuat kekacauan dengan merusak properti dan membakar kendaraan bermotor.

Aksi protes merebak di beberapa kota di Suriah, menewaskan empat orang. Saksi mata mengatakan insiden terjadi pada hari Jumat di Dara'a, kota di Suriah barat daya, dekat perbatasan Yordania.

Media pemerintah mengatakan pasukan keamanan campur tangan untuk melindungi warga setelah, menurut media tersebut, penghasut berusaha membuat kekacauan dengan merusak properti dan membakar kendaraan bermotor serta bangunan-bangunan.

Di Washington, Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Tommy Vietor mengatakan Amerika sangat mengecam aksi kekerasan tersebut.

Media pemerintah Suriah juga melaporkan terjadinya pertemuan kedua di kota pesisir Banyas. Sementara itu, media Barat melaporkan rapat umum ketiga berlangsung di utara ibukota, Damaskus. Laporan-laporan itu menyebutkan ribuan orang ikut dalam berbagai demonstrasi di seluruh Suriah.

Aksi-aksi protes terjadi dalam beberapa hari ini di Suriah, di mana aktivis menuntut pembebasan tahanan politik dan kebebasan lebih besar di bawah pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

XS
SM
MD
LG