Tautan-tautan Akses

Delegasi Taliban-Afghanistan Datang ke Pakistan dari Qatar


Peta wilayah Qatar
Peta wilayah Qatar

Seorang pejabat tinggi Taliban mengatakan delegasi yang beranggotakan tiga orang itu dikirim ke Islamabad dari marksas-besar politiknya di Doha, untuk mencari informasi mengenai apa yang menyebabkan penangkapan para anggota Taliban.

Delegasi Taliban Afghanistan datang ke Pakistan dari Qatar untuk berbicara dengan para pejabat mengenai berbagai masalah, termasuk penangkapan beberapa pemimpin pemberontak itu, penutupan beberapa madrasah bagi pengungsi Afghanistan dan peningkatan masalah yang dihadapi masyarakat pengungsi di negara tetangga Afghanistan itu.

Seorang pejabat tinggi Taliban yang meminta namanya jangan disebut mengatakan kepada VOA delegasi yang beranggotakan tiga orang itu dikirim ke Islamabad dari marksas-besar politiknya di Doha, ibukota negara Teluk itu, untuk menyampaikan keprihatinan dan mencari informasi mengenai apa yang menyebabkan penangkapan para anggota Taliban.

Juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, ketika mengukuhkan kepada VOA kedatangan delegasi Taliban tersebut ke Pakistan, mengatakan Taliban secara rutin berkomunikasi dengan negara-negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Afghanistan.

“Delegasi dari Qatar itu pergi ke Pakistan untuk membicarakan dengan para pejabat disana masalah-masalah yang dihadapi pengungsi Afghanistan, penangkapan mereka, penggusuran paksa dan deporasi,” kata Mujahid. Ia mengatakan tidak ada masalah politik atau pembicaraan mengenai prospek pembicaraan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan dalam agenda. [gp]

XS
SM
MD
LG