Tautan-tautan Akses

Komandan ISIS Tembak Tewas 11 Pejuangnya Sendiri di Afghanistan


Para anggota kelompok militan ISIS di Afghanistan (foto: dok).

Para anggota kelompok militan ISIS di Afghanistan (foto: dok).

Zameen Jan alias Abubakar,  komandan ISIS di Afghanistan telah menembak tewas 11 pejuangnya sendiri di distrik Achin, Provinsi Nangarhar, Afghanistan timur.

Seorang komandan ISIS di Afghanistan telah menewaskan 11 pejuangnya di distrik Achin, Provinsi Nangarhar, Afghanistan timur, kata pihak berwenang provinsi - itu.

Juru bicara Gubernur Nangarhar, Attaullah Khogyani, mengatakan kepada wartawan hari Jumat (20/5), tentang pembunuhan yang lain dari biasa yang dilakukan oleh komandan ISIS, Zameen Jan – yang juga dikenal sebagai Abubakar. Namun, juru bicara itu tidak banyak memberi rincian tentang mengapa sang komandan ISIS tersebut membunuh anak buahnya sendiri. Khogyani mengatakan setelah pembunuhan itu, komandan tersebut - dilukai oleh para pejuang Taliban yang kini mehanannya.

Penduduk setempat dan – posting - Taliban pada halaman Facebooknya menyatakan bahwa Jan membalas dendam pada para pejuang setelah saudara laki-lakinya – seorang anggota Taliban - dibunuh oleh pejuang ISIS minggu ini dalam tembak menembak. ISIS belum mengomentari laporan tersebut.

ISIS telah membangun tempat - berpijak di sejumlah daerah di Nangarhar, termasuk Achin. Para pejuangnya telah - melancarkan beberapa serangan terhadap pos pemeriksaan keamanan pemerintah. - Selain itu juga - terlibat dalam bentrokan sengit dengan militan Taliban saingannya di provinsi itu.

Pasukan Afghanistan dan NATO baru-baru ini melancarkan operasi pembersihan dan beberapa daerah telah dibersihkan dari ISIS -. Tapi meskipun - Afghanistan mengaku - telah melemahkan - ISIS tetapi kelompok ini masih aktif di provinsi itu.

Pengaruh mereka tetap begitu kuat sehingga ribuan siswa di bagian-bagian Nangarhar tidak bisa masuk sekolah karena ISIS melarang sekolah dibuka. Kelompok ini juga baru-baru ini memulai lagi siaran radio propaganda di Nangarhar setelah lenyap dari udara - karena serangan udara pemerintah awal tahun ini.

Taliban dan ISIS - bermusuhan karena Taliban –memandang ISIS sebagai - kekuatan luar, menurut analis keamanan Wahid Muzhda yang berbasis di Kabul. Menurutnya ISIS menuduh militan Taliban - murtad karena - menjalin hubungan dengan negara-negara asing melalui kantor perwakilannya di Qatar. [sp]

XS
SM
MD
LG