Tautan-tautan Akses

George Clooney Akan Terima Penghargaan Khusus Golden Globe


Aktor Amerika George Clooney dalam acara penayangan perdana film "Gravity" di Festival Film Venice, 2013.

Aktor Amerika George Clooney dalam acara penayangan perdana film "Gravity" di Festival Film Venice, 2013.

Pihak penyelenggara mengatakan penghargaan itu adalah untuk "kontribusi Clooney yang luar biasa baik di depan maupun di belakang kamera."

Aktor dan produser pemenang Oscar, yang juga merupakan sutradara, George Clooney, akan menerima penghargaan Cecil B. DeMille Award, sebuah penghormatan dari Golden Globe untuk kontribusinya dalam sinema, menurut penyelenggara acara itu, Senin (15/9).

Clooney, 53, akan mendapat penghargaan tersebut Januari pada Golden Globe Awards, salah satu dari upacara pembagian penghargaan paling bergengsi bagi insan perfilman dan televisi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Wartawan Asing Hollywood.

Theo Kingma, presiden asosiasi tersebut, mengatakan penghargaan itu adalah untuk "kontribusi Clooney yang luar biasa baik di depan maupun di belakang kamera."

Clooney mendapat Piala Oscar dua kali, sebagai aktor pendukung untuk film "Syriana", dan sebagai salah satu produser untuk film terbaik 2013 "Argo". Ia juga memenangkan tiga Golden Globe, sebagai aktor terbaik untuk "The Descendants" pada 2012 dan "O Brother, Where Art Thou?" pada 2001, dan untuk "Syriana."

Tahun ini, ia meluncurkan film kelimanya sebagai sutradara, sebuah drama Perang Dunia II, "The Monuments Men," dan ia baru-baru ini menandatangani kontrak untuk menyutradarai film produksi Sony Pictures "Hack Attack," mengenai skandal penyadapan telepon yang menjerat politisi dan tokoh media di Inggris.

Kabar mengenai penghargaan Cecil B. DeMille datang saat Clooney sedang mempersiapkan pernikahan dengan tunangannya, pengacara Amal Alamuddin, di Venesia akhir September.

Penghargaan itu mengambil nama sutradara Hollywood berpengaruh yang karyanya termasuk film-film era bisu dan suara. Tahun lalu, penghargaan itu diberikan pada sutradara Woody Allen, yang konsisten dengan ketidakhadirannya di acara-acara penghargaan film dan mengirim aktris Diane Keaton untuk menerimanya.

Para pemenang baru-baru ini termasuk Jodie Foster, Morgan Freeman dan Robert De Niro, serta sutradara Steven Spielberg and Martin Scorsese. (Reuters)

XS
SM
MD
LG