Tautan-tautan Akses

AS

Clinton Siap Kembali ke Hadapan Publik AS


Hillary Clinton memberikan sambutan pada acara jamuan santap malam tahunan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Perempuan Irlandia memperingati Hari St. Patrick di Scranton, Pennsylvania, 17 Maret 2017. (AP Photo/Matt Rourke)

Mantan calon presiden Amerika Hillary Clinton mengatakan dia sudah siap ikut dalam pembicaraan terbuka mengenai perubahan dalam iklim politik negara itu sejak pemilihan presiden bulan November.

“Saya seperti banyak teman saya saya saat ini. Saya merasa sulit menonton perkembangan,” katanya hari Jumat pada acara jamuan santap malam Tahunan memperingati Hari Saint Patrick ke-19 diselenggarakan oleh Perhimpunan Perempuan Irlandia di Scranton, Pennsylvania.

Namun, Clinton menambahkan, “Saya tidak yakin bahwa kita dapat membiarkan perbedaan politik mengeras menjadi pertentangan pribadi. Kita tidak dapat meremehkan atau membiarkannya begitu saja karena kita tidak sependapat dalam politik. Kita harus mendengar satu sama lain dan saling belajar dari satu sama lain.”

“Saya sudah siap untuk keluar ke depan umum dan membicarakan apa yang sedang terjadi pada acara-acara seperti ini untuk membantu menghimpun kekuatan yang memungkinkan setiap orang untuk terus berjuang,” lanjut Clinton.

Clinton terlihat berjalan kaki di kawasan pepohonan dekat rumahnya di Chappaqua, New York, tidak lama setelah kekalahannya yang mengejutkan dalam pemilihan presiden. Dia hampir tidak melakukan penampilan di depan umum sejak itu.

Ada desas-desus bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk menjadi calon walikota New York, tetapi para staffnya tidak menunjukkan kuatnya kemungkinan itu. [gp]

XS
SM
MD
LG