Tautan-tautan Akses

China: Prospek Ekonomi Global Buruk


Menteri Perdagangan China Gao Hucheng (Foto: dok.)

Menteri Perdagangan China Gao Hucheng (Foto: dok.)

Menteri Perdagangan China hari Sabtu (9/7) mengatakan prospek ekonomi global tetap buruk meskipun secara berangsur telah pulih dari dampak krisis keuangan.

Komentar Gao Hucheng itu menggarisbawahi meningkatnya kekhawatiran akan ekonomi global, yang semakin dalam sejak Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, sehingga menambah kekhawatiran akan resesi global.

Gao tidak menyinggung soal Brexit dalam pidato pembukaannya dalam pertemuan para menteri perdagangan di Shanghai hari Sabtu yang diadakan menjelang KTT G20 di China pada bulan September mendatang. Dia mengatakan negara-negara harus bekerja sama untuk mencari cara mendorong pertumbuhan.

Bulan lalu, Bank Dunia mengurangi perkiraan pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Mereka memprediksi ekonomi global akan tumbuh 2,4 persen, turun dari 2,9 persen yang diperkirakan bulan Januari. Rendahnya harga komoditas terus mengkhawatirkan banyak negara berkembang yang ekonominya bergantung pada ekspor komoditas itu. Dan ekonomi negara maju masih berjuang untuk meraih momentum sementara menghadapi tenaga kerja yang menua dan pertumbuhan produktivitas yang kurang bergairah.

Sementara itu, China menghadapi tekanan untuk mengecilkan industri yang terlalu besar, termasuk industri baja. Banyak mitra dagangnya mengeluhkan industri itu membanjiri pasar mereka dengan barang-barang ekspor yang terlalu murah, sehingga merugikan produsen dan mengancam lapangan kerja. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG