Tautan-tautan Akses

China Ingin Tingkatkan Hubungan Bilateral dengan AS

  • Shannon Van Sant

Duta Besar Amerika untuk China Max Baucus (foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk China Max Baucus (foto: dok).

Pernyataan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri China di Beijing hari Kamis (26/6) ini merupakan tanggapan terhadap pernyataan pertama Duta Besar Amerika Untuk China Max Baucus.

Dalam pernyataan publik pertamanya tentang hubungan Amerika- China sejak menjabat, Duta Besar Amerika untuk China Max Baucus mengatakan China perlu memperbaiki kondisi HAM, menghentikan pemblokiran perusahaan-perusahaan Amerika yang ingin memasuki pasar China dan menghentikan pencurian rahasia-rahasia perdagangan lewat dunia maya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menanggapi hal itu dengan mengatakan hubungan bilateral yang kuat antarakedua negara akan memulihkan meningkatkan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan itu.

Terkait tuduhan pencurian rahasia perdagangan lewat dunia maya, Hua Chunying mengatakan China dan Amerika merupakan dua negara besar dengan sistem sosial dan latar belakang yang luas, dan kuncinya adalah menjaga dan menangani perbedaan-perbedaan ini secara tepat.

Ketegangan antara Amerika dan China tahun ini meningkat akibat sejumlah isu, termasuk keamanan dunia maya dan sengketa wilayah di Laut China Selatan. China mengklaim hampir seluruh wilayah perairan yang kaya sumber daya itu, sementara negara-negara tetangganya di Asia juga mengklaim beberapa bagian laut itu. Awal tahun ini beberapa demonstrasi disertai aksi kekerasan terjadi di Vietnam terkait penempatan kilang minyak China di wilayah itu.

Wang Dong, pakar hubungan internasional di Universitas Peking mengatakan, “Sengketa wilayah di Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan antara China dan beberapa sekutu Amerika, telah benar-benar meningkatkan ketegangan dalam hubungan bilateral dan juga menambah rasa tidak percaya diantara kedua pihak.”

Dakwaan yang diajukan Amerika terhadap lima pejabat Tentara Pembebasan Rakyat China atas tuduhan pencurian melalui dunia maya awal tahun ini juga mengganggu hubungan antar kedua negara. Duta Besar Amerika Untuk China Max Baucus mengatakan pencurian rahasia-rahasia perdagangan Amerika oleh China melalui dunia maya, mengancam keamanan nasional Amerika.

Baucus menambahkan prioritasnya adalah mengupayakan perjanjian investasi bilateral. Amerika memiliki perjanjian investasi serupa dengan 40 negara lain.

Menteri Keuangan Amerika Jack Lew dan Menteri Luar Negeri John Kerry mungkin akan memperoleh kemajuan dalam beberapa isu tersebutpada waktu mereka bertemu para pejabat China di Beijing bulan Juli mendatang dalam Dialog Strategi & Ekonomi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG