Tautan-tautan Akses

Calon PM Italia Siap Ajukan Kabinetnya


Calon Perdana Menteri Italia Mario Monti akan dilantik hari Rabu (16/11) (foto: dok).

Calon Perdana Menteri Italia Mario Monti akan dilantik hari Rabu (16/11) (foto: dok).

Mario Monti akan bertemu presiden Georgio Napolitano untuk dilantik sebagai Perdana Menteri sekaligus mengajukan susunan kabinet untuk mendukung tugasnya.

Bakal Perdana Menteri Italia Mario Monti mengatakan ia siap mengajukan pemerintah baru kepada presiden setelah mendapat persetujuan dari para tokoh politik, perusahaan, dan serikat buruh.

Monti merencanakan pertemuan Rabu pagi dengan Presiden Georgio Napolitano, yang akan disusul dengan upacara pelantikan resmi. Ia tidak mau memberi keterangan lebih jauh mengenai kabinet baru-nya atau rencana ekonominya hari Selasa. Tetapi, ia mengatakan keyakinannya bahwa Italia akan dapat mengatasi masa yang sulit.

Monti dan pemerintahannya bertanggungjawab untuk melaksanakan pemotongan anggaran dan penghematan ekonomi yang bertujuan untuk mencegah Italia menunggak hutangnya yang sangat besar itu. Italia adalah ekonomi ke-3 terbesar dalam zona euro. Sekiranya Italia memohon dana talangan, ini akan merupakan malapetaka .

Suku bunga obligasi pemerintah Italia tujuh persen hari Selasa, suku bunga yang sama di Yunani, Irlandia, dan Portugal sebelum mereka memohon dana talangan.

XS
SM
MD
LG