Tautan-tautan Akses

Berlusconi Mengundurkan Diri sebagai PM Italia


Silvio Berlusconi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Italia (12/11).

Silvio Berlusconi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Italia (12/11).

Silvio Berlusconi mengundurkan diri hari Sabtu setelah undang-undang anggaran yang baru mendapat persetujuan parlemen Italia.

Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi mengundurkan diri hari Sabtu setelah undang-undang anggaran yang baru mendapat persetujuan parlemen, sekaligus memberi jalan bagi pemerintahan sementara untuk menyelamatkan negara itu dari krisis ekonomi.

Berlusconi, yang telah berkuasa setelah tiga kali mengemban jabatan mengatakan hari Selasa bahwa dia akan mundur setelah anggota parlemen menyetujui sebuah paket reformasi ekonomi yang disetujui Eropa. Parlemen Italia menyepakati paket itu dalam sebuah pemungutan suara hari Sabtu.

Presiden Italia Giorgia Napolitano secara luas diperkirakan akan meminta bekas Komisaris Uni Eropa Mario Monti untuk memimpin pemerintahan transisi yang baru itu. Analis mengharapkan kehadiran Monti, ekonomis terpandang, bisa membawa ketenangan ketika Italia berjuang untuk mencegah krisis ekonomi yang disebabkan oleh utang pemerintah yang besar.

Biaya pinjaman Italia telah mencapai tingkat paling tinggi sejak negara itu bergabung dengan zona mata uang Euro dan kini mendekati tingkat 7 persen yang membuat Irlandia, Portugal dan Yunani mencari dana talangan.

XS
SM
MD
LG