Tautan-tautan Akses

Blatter Hadir di Hadapan Komisi Etika FIFA


Sepp Blatter di Culloden Hotel, Belfast, Irlandia Utara (Foto: dok).

Sepp Blatter di Culloden Hotel, Belfast, Irlandia Utara (Foto: dok).

Sepp Blatter yang dihentikan jabatannya sebagai presiden FIFA muncul, Kamis (17/12), di hadapan Komisi Etika Organisasi Sepak Bola Internasional itu untuk menghadapi berbagai pertanyaan mengenai kasus suap.

Blatter diperkirakan akan mengatakan kepada empat hakim di markas besar FIFA di Zurich bahwa ia tidak melakukan kesalahan apapun. Blatter sebelumnya mengatakan, sidang dengar keterangan itu sebagai proses penyelidikan resmi.

Para hakim itu akan mempertimbangkan apakah Blatter membiarkan terjadinya suap ketika ia menyetujui pembayaran sebesar dua juta dolar dari FIFA ke presiden organisasi sepak bola Eropa, Michel Platini, pada 2011.

Kasus Platini akan diperdengarkan hari Jumat, namun Platini sudah mengatakan, bahwa ia tidak akan hadir dalam sidang itu. Pengacara Platini mengatakan, Platini memboikot proses penyelidikan itu karena ia yakin para hakim telah mengambil keputusan.

Platini mengatakan, penghentian jabataannya merupakan manuver politik yang dirancang untuk mencegahnya mencalonkan diri sebagai presiden FIFA.

Platini sebelumnya dianggap sebagai calon kuat untuk menggantikan Sepp Blatter, sampai tuduhan suap terungkap awal tahun ini. Pihak berwenang Swiss telah melangsungkan penyelidikan kriminal atas masalah ini.

Blatter dan Platini dihentikan dari jabatannya, untuk sementara waktu, Oktober lalu. Penghentian bersyarat selama 90 hari ini diperkirakan berakhir bulan Januari. Namun jika komisi etika mendapati keduanya bersalah, mereka dapat menghadapi larangan yang lebih lama dari dunia sepakbola. [ab]

XS
SM
MD
LG