Tautan-tautan Akses

Tersangka Kasus Suap FIFA Setuju Diekstradisi ke Amerika


Mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter(kiri) dan Wapres FIFA Juan Angel Napout (foto: dok).
Mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter(kiri) dan Wapres FIFA Juan Angel Napout (foto: dok).

Wapres FIFA Juan Angel Napout setuju untuk diekstradisi ke Amerika guna menghadapi tuntutan dalam kasus suap FIFA.

Wakil Presiden Federasi Sepakbola Sedunia (FIFA), Juan Angel Napout setuju untuk diekstradisi ke Amerika guna menghadapi tuntutan dalam kasus suap FIFA.

Napout – yang berasal dari Paraguay – menyampaikan kesediaan dekstradisi itu dalam dengar keterangan dengan polisi hari Selasa (8/12), demikian pernyataan Kementerian Kehakiman Swiss.

Dari sembilan pejabat FIFA yang ditangkap otorita Swiss sejak Mei lalu berdasarkan permintaan Departemen Kehakiman Amerika, Napout adalah yang paling cepat menyataikan bersedia diekstradisi.

Dalam dengar keterangan Kamis lalu (3/12) – yang dilangsungkan beberapa jam setelah ia ditangkap dalam penggerebekan polisi di hotel mewah Baur au Lac di Zurich – Napout sempat menolak diekstradisi.

Napout dikatakan telah menerima suap bernilai jutaan dolar untuk hak penyiaran turnamen Copa America dan Copa Libertadores.

Pejabat berusia 57 tahun itu harus dijemput oleh otorita Amerika dalam waktu 10 hari.

“Demi alasan keamanan dan privasi, belum ada rincian kapan ia akan diserahterimakan,” ujar kementerian di Swiss itu.

Napout dilarang melakukan kegiatan apapun terkait sepakbola selama 90 hari oleh komite etik FIFA Jumat lalu (4/12) selagi menunggu penyelidikan penuh. [em]

XS
SM
MD
LG