Tautan-tautan Akses

Berulang Tahun ke-90, Mugabe Jalani Pengobatan di Luar Negeri


Presiden Robert Mugabe di Zvimba, Zimbabwe, 21 Januari 2014.

Presiden Robert Mugabe di Zvimba, Zimbabwe, 21 Januari 2014.

Kepala negara tertua di Afrika, Robert Mugabe, berulangtahun ke-90 hari Jumat, di tengah-tengah keprihatinan mengenai kesehatannya dan biaya perayaan ulang tahunnya.

Presiden Zimbabwe itu meninggalkan negaranya hari Senin. Kantor presiden menyatakan Mugabe akan menjalani operasi katarak di Singapura, yang kerap ia kunjungi untuk menjalani perawatan medis.

Seorang jurubicara mengatakan Mugabe akan kembali untuk mengikuti perayaan ulang tahunnya hari Minggu, tetapi pemilihan waktu bagi kepergiannya itu menimbulkan spekulasi bahwa kesehatan Mugabe memburuk.

Sebuah surat kawat diplomatik Amerika tahun 2008 yang dipublikasikan Wikileaks menyebutkan Mugabe mengidap kanker prostat.

Sementara itu, surat kabar Inggris Guardian melaporkan bahwa Zimbabwe mengeluarkan sekitar 1 juta dolar untuk pesta perayaan ulang tahun bagi presiden yang lama berkuasa itu.

Surat kabar tersebut mengutip para pengecam yang menyatakan jumlah tersebut berlebihan pada saat ekonomi negara yang sangat lemah itu kembali merosot dan PHK meningkat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG