Tautan-tautan Akses

Bandung Bersolek Jelang Konferensi Asia Afrika


Penggantian lampu penerangan jalan umum di seputar Gedung Merdeka untuk menyambut peringatan KAA ke 60 tahun di Bandung. (VOA/R. `Teja Wulan)

Penggantian lampu penerangan jalan umum di seputar Gedung Merdeka untuk menyambut peringatan KAA ke 60 tahun di Bandung. (VOA/R. `Teja Wulan)

Berbagai persiapan infrastruktur telah dilakukan, salah satunya mempercantik trotoar dan ruas jalan di seputar Gedung Merdeka, yang akan menjadi tempat perayaan tersebut.

Kota Bandung mulai bersolek menjelang puncak peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika atau KAA yang akan berlangsung 24 April mendatang.

Berbagai persiapan infrastruktur telah dilakukan oleh pemerintah kota Bandung, salah satunya mempercantik trotoar dan ruas jalan di seputar Gedung Merdeka, yang akan menjadi tempat perayaan tersebut.

Trotoar di seputar Gedung Merdeka diganti dengan batu granit dan sepanjang trotoar di gedung yang akan menjadi tempat puncak perayaan KAA tersebut juga akan dihiasi dengan lampu penerangan jalan umum berdesain klasik. Sejumlah ruas jalan yang aksesnya mengelilingi Gedung Merdeka pun ditata dan dipercantik. Tekstur jalan diubah menjadi beton berpola.

Pengerjaan infrastruktur ini dikebut siang dan malam oleh puluhan pekerja. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya melibatkan sekitar 12 perusahaan untuk mengerjakan proyek infrastruktur KAA tersebut.

Tidak hanya itu, Pemkot Bandung juga telah menyiapkan berbagai cenderamata untuk 109 pemimpin negara delegasi KAA. Salah satunya batu akik yang kini sedang naik daun di Indonesia.

Taman-taman tematik yang ada di Kota Bandung ikut dipercantik dan tiga monumen peringatan KAA pun dipasang di tiga tempat berbeda, salah satunya di sebelah barat Gedung Merdeka.

Selain persiapan yang bersifat infrastruktur, Pemkot Bandung juga telah menyiapkan berbagai cenderamata untuk para pemimpin negara delegasi KAA. Salah satunya yang akan diberikan tersebut adalah batu akik yang kini sedang naik daun di Indonesia. Batik Bandung juga akan menjadi souvenir bagi para delegasi.

“Ya, ada batu akik satu buat kepala negaranya, satu buat istrinya. Jadi warnanya kemungkinan biru, supaya mewakili warna Bandung. Jadi nanti souvenirnya itu ada koper kecil, isinya ada batik Bandung, ada wadah buku, isinya ada surat dari saya, dan dua cincin (batu akik)," ujarnya.

Sementara itu, warga Kota Bandung juga menyambut gembira berbagai persiapan yang dilakukan Pemkot Bandung. Warga juga mengaku bangga, Kota Bandung menjadi tuan rumah puncak peringatan KAA ke-60 tahun.

“Kami warga Kota Bandung sendiri merasa bangga ya dengan dijadikannya Kota Bandung sebagai tuan rumah Konferensi Asia Afrika yang ke 60. Sehingga saya juga sebagai warga Kota Bandung mengajak untuk bisa memberikan hal yang terbaik bagi mereka para tamu, baik sisi keamanan, ketertiban, dan juga kebersihannya," ujarnya.

Proyek infrastruktur penataan jalan dan trotoar di sekitar Gedung Merdeka menelan dana Rp15 miliar dari APBD Kota Bandung. Berbagai persiapan acara berskala internasional ini ditargetkan rampung pada 18 April mendatang.

XS
SM
MD
LG