Tautan-tautan Akses

Bagian Pintu Gerbang Kamp Nazi di Jerman Dicuri


Kanselir Jerman Angela Merkel saat mengunjungi kamp Nazi di Dachau dekat Munich (foto: dok).

Kanselir Jerman Angela Merkel saat mengunjungi kamp Nazi di Dachau dekat Munich (foto: dok).

Beberapa polisi Jerman Senin (3/11) pagi mengatakan bahwa bagian pintu gerbang kamp Dachau dekat Munich yang bertuliskan slogan “Arbeit macht frei” hilang.

Bagian dari pintu gerbang kamp konsentrasi Nazi di Dachau yang bertuliskan slogan “Arbeit macht frei” yang berarti “Kerja akan membebaskan Anda”, telah dicuri dari bekas kamp itu.

Beberapa polisi Senin (3/11) pagi mengatakan bahwa bagian pintu gerbang berukuran 190 X 95 sentimeter itu hilang. Menurut pernyataan polisi, siapapun yang mencurinya, pastinya telah memanjat pintu gerbang lain untuk mencapainya.

Polisi mengatakan belum menemukan apapun di sekitar tempat itu dan meminta siapa pun yang melihat adanya orang atau kendaraan yang mencurigakan di tempat itu, untuk melapor.

Dachau – yang terletak di dekat Munich – adalah kamp konsentrasi pertama yang didirikan Nazi tahun 1933. Lebih 200 ribu orang dari seluruh Eropa ditahan disana dan lebih dari 40 ribu tahanan tewas sebelum dibebaskan oleh pasukan Amerika tanggal 29 April 1945. Kamp itu kini menjadi tempat peringatan.

Direktur Dachau Gabrielle Hammermann – sebagaimana dilaporkan kantor berita DPA – mengecam pencurian bagian pintu gerbang yang digambarkannya sebagai “simbol utama penderitaan tahanan”.

XS
SM
MD
LG