Tautan-tautan Akses

Australia Sambut Peningkatan Keberadaan Angkatan Laut AS di Pasifik


Menhan AS, Leon Panetta (tengah) berpose bersama Wakil Menhan Jepang, Shu Watanabe (kiri) dan Menhan Australia Stephen Smith di KTT Keamanan Asia di Singapura (2/6)

Menhan AS, Leon Panetta (tengah) berpose bersama Wakil Menhan Jepang, Shu Watanabe (kiri) dan Menhan Australia Stephen Smith di KTT Keamanan Asia di Singapura (2/6)

Pertahanan Australia Stephen Smith menyambut rencana Amerika untuk meningkatkan keberadaan angkatan laut Amerika di Pasifik.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan dalam konferensi pejabat-pejabat pertahanan dari 30 negara Asia-Pasifik, Sabtu di Singapura, bahwa Angkatan Laut Amerika akan mengubah proporsi pasukannya dari yang sekarang -- kira-kira 50 persen untuk kawasan Pasifik dan 50 persen untuk kawasan Atlantik -- menjadi 60 persen di kawasan Pasifik dan 40 persen di kawasan Atlantik. Rencana yang akan dituntaskan sebelum tahun 2020 itu merupakan bagian dari fokus strategi baru di Asia.

Smith, yang berbicara segera setelah kembali ke Singapura, mengatakan keberadaan Amerika di Asia Pasifik telah menjadi kekuatan bagi perdamaian, kestabilan dan kemakmuran sejak Perang Dunia Kedua.

Panetta mengatakan, keputusan untuk secara bertahap mengerahkan lebih banyak kapal ke Pasifik, bersamaan dengan perluasan jaringan kemitraan militer, merupakan bagian dari usaha sungguh-sungguh untuk meningkatkan peran Amerika di kawasan yang vital bagi masa depan Amerika.

Banyak pengamat menilai, langkah itu mencerminkan keprihatinan Amerika akan kebangkitan ekonomi dan militer Tiongkok. Panetta membantah, strategi itu bukan merupakan tantangan bagi Beijing.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG