Tautan-tautan Akses

AS

AS akan Pindahkan Kapal Perang ke Kawasan Asia-Pasifik


Menteri Pertahanan AS Leon Panetta berpidato pada pembukaan KTT Keamanan Asia ke-11 di Singapura (2/6).

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta berpidato pada pembukaan KTT Keamanan Asia ke-11 di Singapura (2/6).

Menteri Pertahanan Amerika, Leon Panetta akan memindahkan sebagian besar kapal perangnya ke kawasan Asia-pasifik.

Panetta mengatakan dalam konferensi pejabat-pejabat pertahanan dari 30 negara Asia-Pasifik, Sabtu (6/2) di Singapura, bahwa Angkatan Laut Amerika akan mengubah proporsi pasukannya dari yang sekarang kira-kira pembagian 50-50 antara kawasan Pasifik dan Atlantik menjadi 60 persen di kawasan Pasifik dan 40 persen di kawasan Atlantik.

Menteri Pertahanan itu juga memberi tahu para delegasi Dialog tahunan Shangri-la bahwa pergeseran itu akan dituntaskan menjelang 2020. Ia berjanji untuk memperluas pelatihan militer Amerika di kawasan Pasifik dan kunjungan-kunjungan ke pelabuhan di kawasan seperti Lautan India.

Titik rawan di kawasan itu adalah Laut Cina Selatan dimana Tiongkok mengklaim hampir seluruh laut itu sebagai miliknya. Tapi Taiwan, Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei dan Filipina juga mempunyai klaim wilayah disana.

Panetta meyakinkan para delegasi bahwa pergeseran pasukan angkatan laut itu bukan untuk menghadapi Tiongkok. Ia mengatakan Amerika tidak akan berpihak dalam sengketa wilayah dan ingin Tiongkok mendukung sebuah sistim untuk menjelaskan hak-hak di kawasan itu dan membantu menyelesaikan perselisihan.

Panetta sedang dalam lawatan selama seminggu ke Asia yang mencakup lawatan ke Vietnam dan India
XS
SM
MD
LG