Tautan-tautan Akses

AS

Panetta Kunjungi Bekas Pangkalan AS di Vietnam


Menteri Pertahanan Leon Panetta (kiri) berpidato di depan para kru USNS Richard E. Byrd di Teluk Cam Ranh, Vietnam (3/6).

Menteri Pertahanan Leon Panetta (kiri) berpidato di depan para kru USNS Richard E. Byrd di Teluk Cam Ranh, Vietnam (3/6).

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta hari Minggu berkunjung ke pangkalan utama yang digunakan pasukan Amerika pada perang Vietnam.

Panetta adalah pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi bekas pangkalan udara dan laut Amerika di Teluk Cam Ranh sejak perang itu berakhir tahun 1975.

Pejabat mengatakan Panetta akan mengunjungi kapal kargo angkatan laut Amerika Richard E.Byrd yang sekarang berada di pelabuhan itu dan mengirim kargo bagi kapal armada angkatan laut Amerika dimana sebagian besar awaknya adalah warga sipil.

Kunjungan Panetta ke Vietnam dilakukan setelah menyampaikan pidato pada forum keamanan di Singapura hari Sabtu. Dalam pidatonya, Panetta mengatakan angkatan laut Amerika akan memindahkan sebagian besar kapal-kapalnya ke kawasan Pasifik menjelang 2020 sebagai bagian dari fokus strategi pada Asia.

Panetta dijadwalkan akan mengunjungi India dalam lawatan satu minggunya ke kawasan Asia –Pasifik.
XS
SM
MD
LG