Tautan-tautan Akses

AS Tetap Dukung Penyelidikan PBB atas Birma


Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley

Departemen Luar Negeri AS berkeyakinan komisi internasional wajar dibentuk. Dialog antara Amerika dan Birma juga akan jalan terus.

Pemerintahan Obama menyatakan lagi dukungannya pada usul pembentukan komisi PBB untuk menyelidiki tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan di Birma.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan pada hari Selasa bahwa para pejabat yakin komisi internasional wajar dibentuk.

Seorang pejabat tinggi Amerika kemudian mengatakan kepada wartawan, walaupun sekiranya komisi dibentuk, Amerika Serikat akan terus berdialog dengan Birma sementara mencari jalan untuk “mengenakan tekanan terhadap Birma.”

Pekan lalu, pejabat tinggi pemerintahan Obama mengatakan kepada VOA, Amerika Serikat telah mulai berembuk dengan “berbagai kalangan yang berkepentingan dan pemain utama,” untuk memutuskan cara membentuk sebuah komisi.

Pada bulan Maret, Utusan Khusus PBB Urusan Hak Asasi di Birma Tomas Ojea Quintana menyarankan pembentukan komisi internasional. Organisasi-organisasi HAM dan para tokoh oposisi Birma telah menuduh pemerintahnya melakukan penindakan-penindakan kejam terhadap para aktivis politik dan suku-suku minoritas.

XS
SM
MD
LG