Tautan-tautan Akses

Media Birma Bantah Pemimpinnya Undurkan Diri


Sebelumnya, pensiunnya beberapa pejabat militer Birman membuat santer kabar pemimpin junta, Jenderal Than Shwe, juga berniat lengser.

Laporan singkat dalam surat kabar pemerintah Birma yang terbit hari ini, menepis desas-desus bahwa Jenderal Tertinggi Than Shwe telah mengundurkan diri dari Angkatan Bersenjata Birma sebagai bagian perubahan besar susunan kabinet menjelang pemilu.

Pesan diplomatik kepada Raja Malaysia untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-53 Malaysia menyebut Than Shwe sebagai “Jenderal Tertinggi” dan “Ketua” Dewan Perdamaian dan Pembangunan Negara.

Sebelumnya, pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Birma Jenderal Thura Shwe Mann, pemimpin militer tingkat ketiga Birma, dan beberapa jenderal tertinggi lainnya pensiun dari keanggotaan Partai Solidaritas Persatuan dan Pembangunan. Partai ini merupakan sayap politik rezim militer tersebut, yang mendapat dukungan besar untuk memenangkan sebagian besar kursi dalam pemilihan parlemen pada tanggal 7 November mendatang. Reorganisasi militer ini telah menimbulkan desas-desus bahwa pemimpin junta, Jenderal Than Shwe juga mengundurkan diri dari posisinya.

XS
SM
MD
LG