Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Desak Pendukungnya Awasi Pemilu November


Pemimpin oposisi Birma, Aung San Suu Kyi yang masih berada dalam tahanan rumah.

Pemimpin oposisi Birma, Aung San Suu Kyi yang masih berada dalam tahanan rumah.

Suu Kyi mengatakan, para anggota partai Liga Nasional untuk Demokrasi tak dapat mengabaikan pemilu meski mereka memboikotnya.

Pemimpin oposisi Birma yang ditahan Aung San Suu Kyi mendesak para pendukungnya untuk mengawasi pemilu tanggal 7 November dan melaporkan bila ditemukan adanya kejanggalan.

Berbicara melalui pengacaranya, Nyan Win, Suu Kyi mengatakan, para anggota partainya yang kini dibubarkan, Liga Nasional untuk Demokrasi, tidak dapat mengabaikan pemilu itu meski mereka memboikotnya. Nyan Win berbicara kepada wartawan Rabu, satu hari setelah bertemu dengan Aung San Suu Kyi, yang kini sedang menjalani tahanan rumah.

Ia mengutip pernyataan peraih hadiah Nobel itu yang mengatakan pemilu tidak dapat berlangsung bebas dan adil tanpa kebebasan mengeluarkan pendapat dan kebebasab pers. Ia mengatakan, Suu Kyi menyarankan agar mereka yang ingin memilih partainya untuk tidak memberikan suara mereka.

Pemilu itu akan berlangsung tanpa partisipasi tokoh-tokoh politik besar. Pemilu itu banyak dikecam sebagai kepura-puraan untuk memberi kedok sipil kepada penguasa militer.

XS
SM
MD
LG