Tautan-tautan Akses

Suu Kyi Minta Pendukungnya Pantau Pemilu Birma


Tokoh oposisi Birma yang menjalani tahanan rumah, Aung San Suu Kyi.

Tokoh oposisi Birma yang menjalani tahanan rumah, Aung San Suu Kyi.

Kalangan luas mengecam pemilu mendatang ini sebagai palsu dan semata bertujuan memberi wajah sipil bagi kekuasaan militer.

Tokoh oposisi Birma yang ditahan, Aung San Suu Kyi, mendesak para pendukungnya agar memantau pemilu pada tanggal 7 November dan melaporkan setiap pelanggaran.

Berbicara melalui pengacaranya, Nyan Win, ia mengatakan para anggota partainya yang telah dibubarkan, Liga Demokrasi Nasional, tidak dapat meremehkan permilu itu biarpun mereka memboikotnya. Nyan Win mengatakan demikian kepada para wartawan hari Rabu, sehari setelah pertemuannya dengan Suu Kyi, yang masih dalam tahanan rumah.

Ia mengutip pemenang hadiah Nobel perdamaian itu, mengatakan pemilu tidak dapat bebas tanpa kebebasan berbicara dan kebebasan pers. Ia mengatakan Suu Kyi menyarankan agar warga yang ingin memberi suara bagi partainya, hendaknya jangan turut memilih.

Pemilu akan diadakan tanpa partisipasi para tokoh politik utama. Kalangan luas mengecam pemilu mendatang ini sebagai palsu dan bertujuan semata untuk memberi wajah sipil bagi kekuasaan militer.

XS
SM
MD
LG