Tautan-tautan Akses

AS Janjikan Tambahan $340 Juta bagi Bantuan Kemanusiaan Suriah


Anak-anak pengungsi Suriah mengisi botol air minum di sebuah kamp pengungsi di Lebanon timur (foto: dok).

Anak-anak pengungsi Suriah mengisi botol air minum di sebuah kamp pengungsi di Lebanon timur (foto: dok).

Janji bantuan itu diucapkan Presiden Obama saat berpidato di hadapan para pemimpin dunia dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York (24/9).

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika akan menyediakan dana sebesar 340 juta dolar dalam bantuan kemanusiaan bagi orang yang terkena dampak krisis saat ini di Suriah.

Berpidato di hadapan para pemimpin dunia dalam Sidang Tahunan Majelis Umum PBB di New York, Obama juga mengecam kalangan yang meragukan bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad melakukan serangan senjata kimia tanggal 21 Agustus dekat Damaskus, yang menurut intelijen Amerika menewaskan sekitar 1.400 orang.

“Adalah penghinaan terhadap akal manusia – dan legitimasi institusi ini – jika mengatakan bahwa pihak lain dan bukan rezim itu yang melakukan serangan kimia tersebut,” kata Obama.

Presiden Amerika itu membela ancamannya untuk menggunakan kekuatan terhadap pemerintahan Assad, dan mengimbau tercapainya “resolusi Dewan Keamanan PBB yang tegas untuk memverifikasi bahwa rezim Assad memenuhi semua komitmennya.”
XS
SM
MD
LG