Tautan-tautan Akses

Rusia: Penyidik Senjata Kimia PBB Kembali ke Suriah


Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov dalam sebuah konferensi pers di kantor Kemenlu Rusia di Moskow (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov dalam sebuah konferensi pers di kantor Kemenlu Rusia di Moskow (Foto: dok).

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan para penyidik senjata kimia PBB diharapkan tiba di Suriah hari Rabu (25/9).

Tim PBB yang dipimpin Ake Sellstrom menyelesaikan penyelidikan dua minggu di Suriah awal bulan ini, tapi umumnya memusatkan perhatian pada serangan maut di pinggiran kota Damaskus.

Mandat mereka saat itu adalah untuk menyelidiki tiga serangan sebelumnya, termasuk satu pada bulan Maret di luar Aleppo, dimana pemerintah Suriah dan pejuang pemberontak menyalahkan satu sama lain.

Para inspektur itu bertugas menentukan apakah senjata kimia telah digunakan, tetapi tidak untuk menetapkan siapa yang salah.

Serangan di luar Damaskus itu memicu kecaman internasional dan menyebabkan muncul rencana untuk menghapus persediaan senjata kimia Suriah. Dewan Keamanan PBB telah membahas resolusi untuk menegakkan rencana itu, dan Ryabkov mengatakan Selasa bahwa Rusia berharap kesepakatan akan dicapai minggu ini.
XS
SM
MD
LG