Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Buka Sidang Tahunan Majelis Umum di New York


Sekjen PBB Ban Ki-moon membuka Sidang Tahunan ke-68 Majelis Umum PBB di New York, 24 September 2013. (AP Photo/Richard Drew)

Sekjen PBB Ban Ki-moon membuka Sidang Tahunan ke-68 Majelis Umum PBB di New York, 24 September 2013. (AP Photo/Richard Drew)

Sekjen PBB Ban Ki-moon telah membuka sidang tahunan Majelis Umum dengan mengimbau para pemimpin dunia agar berhenti mengirim senjata ke Suriah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengimbau “semua negara agar berhenti meningkatkan pertumpahan darah dan agar mengakhiri pengiriman senjata untuk semua pihak.”

Presiden Amerika Barack Obama berpidato di hadapan para pemimpin dunia tidak lama setelah sidang dibuka dan diperkirakan akan membahas perlunya tanggapan kuat bagi penggunaan senjata kimia di Suriah.

Obama berbicara berselisih beberapa jam sebelum Presiden Iran Hassan Rouhani, yang hari Senin mendesak para pemimpin Barat agar mengajak Iran berdialog dan meredakan sanksi-sanksi ekonomi terhadap negaranya.

Sanksi-sanksi tersebut berasal dari kekhawatiran bahwa Iran sedang berupaya mengembangkan senjata nuklir dan penolakan berulang kali Iran untuk mematuhi tuntutan PBB agar menghentikan program pengayaan uraniumnya. Iran bersikeras program nuklirnya semata-mata bertujuan damai.
XS
SM
MD
LG