Tautan-tautan Akses

AS

AS Akan Dapat Pagu Hutang $17 Triliun Jumat


Menteri Keuangan AS Jacob Lew.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew.

Menteri Keuangan Jacob Lew perlu melakukan upaya khusus dalam pembukuannya untuk mempertahankan fungsi pemerintah sampai Kongres meningkatkan pagu hutang ini.

Pemerintah federal AS diperkirakan memperoleh pagu pinjaman baru Jumat, hampir empat bulan setelah pemerintah pulih dari penutupan sementara federal pada Oktober dan krisis hutang yang melanda.

Pagu hutang yang baru ini diharapkan berjumlah sekitar $17,2 triliun. Ini berarti Menteri Keuangan Jacob Lew perlu melakukan upaya khusus dalam pembukuannya untuk mempertahankan fungsi pemerintah sampai Kongres meningkatkan pagu hutang ini.

Dalam suratnya Jumat kepada pemimpin di Kongres, Lew mengingatkan bahwa ia memiliki ruang gerak yang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, saat upaya khusus ini harus mencukupi agar pemerintah tetap berjalan untuk lima bulan dengan pagu hutang yang lama yaitu $16,7 triliun.

Lew mengatakan bahwa ia tidak bisa yakin upaya khusus ini akan bertahan lewat 27 Februari.

``Pada tanggal itu, Departemen Keuangan akan hanya memiliki dana berupa uang tunai dan pendapatan yang masuk untuk memenuhi kewajiban negara,'' kata Lew. Ia mengatakan jumlah keseluruhan uang tunai akan berkisar $50 miliar.

Lew mengatakan ``waktunya singkat' , terutama menimbang Kongres dijadwalkan akan reses selama beberapa waktu dalam kurun waktu tiga minggu ke depan.

``Saya dengan hormat meminta Kongres untuk bergerak dengan cepat, meningkatkan pagu hutang dan memberikan kepastian bagi ekonomi dan pasar keuangan,'' kata Lew.

Pembuat undang-undang menghentikan sementara pemberian pagu hutang baru pada Oktober sebagai imbalan untuk menghentikan penutupan sementara pemerintah Federal. Pagu hutang ini diperkirakan akan dipulihkan pada jumlah hutang keseluruhan, pada akhir Jumat.
XS
SM
MD
LG