Tautan-tautan Akses

AS

Senator Demokrat Optimis dengan Pembukaan Kembali Pemerintah AS


Anggota fraksi Demokrat Senator Charles Schumer (kiri) dan pemimpin mayoritas Senat dari fraksi Demokrat Harry Reid saat berbicara dengan wartawan di Washington (12/10). (Reuters/Jonathan Ernst)

Anggota fraksi Demokrat Senator Charles Schumer (kiri) dan pemimpin mayoritas Senat dari fraksi Demokrat Harry Reid saat berbicara dengan wartawan di Washington (12/10). (Reuters/Jonathan Ernst)

Pemimpin fraksi Demokrat Harry Reid mengatakan ia dan pemimpin mayoritas fraksi Republik di Senat Mitch McConnel telah melangsungkan perundingan yang produktif.

Pemimpin mayoritas fraksi Demokrat di Senat Harry Reid mengatakan ia “optimis” akan tercapainya keputusan positif dalam upaya untuk membuka kembali operasi pemerintah dan menaikkan pagu hutang. Reid bicara di Senat dalam sidang yang jarang terjadi pada Minggu (13/10).

Reid mengatakan ia dan pemimpin mayoritas fraksi Republik di Senat Mitch McConnel telah melangsungkan perundingan yang produktif, tetapi tidak merinci hal itu.

Sebelumnya Reid mengecam anggota-anggota fraksi Republik di Senat yang menolak rencana fraksi Demokrat untuk menaikkan pagu utang pemerintah hingga satu tahun lagi.

Fraksi Republik di Dewan Perwakilan Rakyat telah mengusulkan kenaikan pagu utang dalam jangka pendek dan ingin agar perpanjangan kenaikan pagu utang berikutnya harus dikaitkan dengan pemangkasan anggaran belanja.

Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde dalam acara “Meet the Press” di stasiun televisi NBC mengatakan kegagalan menaikkan pagu utang berarti “kekacauan sangat besar di seluruh dunia” dan dapat meningkatkan risiko resesi global lain.

Pagu utang Amerika saat ini akan mencapai tenggat Kamis nanti. Jika Kongres tidak menaikkannya, Amerika tidak lagi dapat meminjam uang untuk membayar para kreditor atau memenuhi kewajiban-kewajiban lain.
Selain itu juga tidak ada tanda-tanda kemajuan perundingan antara Kongres dan Gedung Putih untuk menyudahi penghentian sebagian kegiatan pemerintah yang memasuki minggu ketiga.

Reid mengatakan penghentian sebagian kegiatan pemerintah telah menimbulkan kerugian dan penderitaan di seluruh Amerika.

Presiden Barack Obama dan fraksi Demokrat menuntut Kongres untuk segera meloloskan apa yang disebut “clean-spending-bill” atau rancangan undang-undand anggaran tanpa syarat apapun sebelum berunding tentang isu-isu lain, seperti pemangkasan anggaran dan program asuransi kesehatan yang digagas Presiden Obama – yang dikenal sebagai “Obamacare”.

Anggota-anggota faksi Republik di Kongres ingin melakukan perundingan terlebih dahulu sebelum melakukan pemungutan suara tentang RUU anggaran.
XS
SM
MD
LG