Tautan-tautan Akses

AS

Kongres Harus Segera Sepakati Kesepakatan Pagu Hutang Amerika


Capitol Hill

Capitol Hill

Waktu hampir habis bagi Washington untuk mencapai kesepakatan mengenai cara menghadapi hutang besar Amerika. Pejabat DPR dari Partai Republik mengatakan meskipun belum ada kesepakatan, Amerika tidak akan mengingkari hutangnya.

Kongres harus mencapai kesepakatan mengenai pagu hutang baru untuk hutang pemerintah federal Amerika melampaui 17 trilyun dolar.

Menteri Keuangan Jack Lew mengatakan Washington bisa kehabisan dana untuk membayar tagihannya dalam beberapa minggu mendatang dan kemungkinan akan terlambat membayar militer, pensiunan dan para kreditor.

Pejabat Keuangan itu mengatakan ketidak mampuan membayar akan bisa memulai resesi hebat, meningkatkan pengangguran.

Untuk tetap beroperasi dalam beberapa minggu mendatang, Departemen Keuangan bisa menggunakan taktik-taktik keuangan, tapi kata Lew Kongres harus secepatnya menaikkan pagu pinjaman.

Tahun 2011, perselisihan politik mendorong Amerika tidak bisa memenuhi kewajibannya menyebabkan peringkat hutang Amerika turun.

Pihak Republik mengatakan pemerintah menghabiskan dana terlalu banyak dan memperdebatkan apa yang harus diminta dari Partai Demokrat sebagai imbalan untuk menaikkan pagu hutang.

Ketua DPR John Boehner mengatakan, “Kita masih mencari penyelesaian dari masalah ini, kita tidak menginginkan gagal bayar pada hutang kita dan kita tidak akan gagal membayar hutang.”

Tapi Presiden Obama mengatakan ia tidak akan berunding mengenai pagu hutang. Jajak pendapat CNN yang baru menunjukkan hampir sebagian besar pemilih akan menyalahkan Partai Republik jika perdebatan pagu hutang merugikan perekonomian.

Robert Bixby mengepalai Concord Coalition yang mendukung pengelolaan seksama uang pembayar pajak. Ia mengatakan kecil kemungkinan Amerika gagal membayar dan hal itu tidak terbayangkan.

“Jika tagihan sudah jatuh tempo maka harus dibayar. Jadi jika pagu hutang tidak dinaikkan maka pada dasarnya kita mengatakan tidak akan membayar hutang. Hal itu bukan cara yang rasional untuk menghadapi kebijakan keuangan yang tidak terkendali,” ujar Bixby.

Bixby menambahkan kepercayaan konsumen mencapai puncaknya ketika kedua partai berselisih mengenai hutang itu dan UU pagu hutang tidak menahan pengeluaran pemerintah. Jadi katanya sudah waktunya untuk mengubah UU itu.

Bixby mengatakan tantangan sebenarnya adalah mencari cara-cara untuk memangkas pengeluaran, menaikkan pajak atau keduanya sehingga hutang Amerika lebih bisa dikelola. Para pakar memperkirakan naiknya suku bunga, populasi yang makin tua, dan sistim pajak yang bermasalah akan menambah beban triliunan dolar lagi selama dekade mendatang.
XS
SM
MD
LG