Tautan-tautan Akses

Pakistan Minta Kerjasama yang Jelas dengan AS


Utusan khusus AS untuk Pakistan dan Afghanistan, Marc Grossman.

Utusan khusus AS untuk Pakistan dan Afghanistan, Marc Grossman.

Hal ini dikatakan Presiden Asif Ali Zardari dalam pertemuan dengan utusan khusus AS Marc Grossman di Islamabad hari Senin.

Pakistan telah meminta kepada Amerika Serikat agar menyetujui “persyaratan kerjasama yang jelas” dalam perang melawan militan Islamis.

Dalam pertemuan di Islamabad hari Senin, Presiden Asif Ali Zardari memberitahu utusan khusus Amerika untuk Pakistan dan Afghanistan, Marc Grossman, perysaratan itu hendaknya dengan jelas ditentukan dan dirincikan supaya setiap sengketa dapat diselesaikan dengan baik melalui lembaga-lembaga yang tersedia.

Zardari mengatakan bahwa hubungan yang dapat bertahan dalam waktu lama dengan Amerika hendaknya didasarkan pada kepentingan bersama, saling mempercayai dan menghormati.

Kedua pejabat juga membicarakan hubungan bilateral, keamanan regional, dan keadaan di negara tetangganya Afghanistan. Dan Presiden Pakistan mengatakan bahwa Afghanistan yang damai dan stabil adalah baik bagi kepentingan perdamaian dan kestabilan di Pakistan.

Ucapan itu dikeluarkan pada saat hubungan antara Paskitan dan Amerika pada titik terendah. Pakistan dengan tajam mengeritik penggrebekan rahasia Amerika tanggal 2 Mei yang menewaskan Osama bin Laden di kota Abbottabad, Pakistan, sebagai pelanggaran kedaulatannya.

XS
SM
MD
LG