Tautan-tautan Akses

Amerika Kembangkan Virus untuk Basmi Bakteri Perusak Makanan

  • Phillip Alexiou

Bakteri perusak makanan seperti Escherichia Coli ini diharapkan bisa dibasmi dengan virus "phage".

Bakteri perusak makanan seperti Escherichia Coli ini diharapkan bisa dibasmi dengan virus "phage".

Para peneliti di Baltimore, Maryland mengembangbiakkan phage, virus untuk memberantas bakteri perusak seperti Listeria atau E.coli.

Keracunan makanan merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia, sehingga membuat para peneliti berupaya memberantas bakteri seperti salmonela dan E. coli.

Di laboratorium di Baltimore, Maryland, para peneliti mengembangbiakkan phage, virus untuk memberantas bakteri yang merusak makanan.

Virus itu menyerang bakteri seperti Listeria atau E.coli, dengan cara menempelkan diri pada bakteri itu, kemudian menyuntikkan DNA-nya ke dalam sel bakteri itu. Phage masuk ke dalam bakteri itu dan berkembang biak dan dengan begitu membunuhnya.

Intralytix adalah perusahaan biokteknologi yang memproduksi virus itu dengan nama Listshield, phage pertama yang disetujui Badan Perlindungan Pangan dan Obat-obatan Amerika (FDA) untuk dipergunakan dalam makanan. Listshield dibuat untuk memberantas Listeria, bakteri yang terdapat pada makanan hasil laut.

Alexander Sulakvelidze, kepala penelitian itu dan sekaligus pendiri Intralytix, mengatakan, “Yang sedang kami lakukan adalah mencari phage yang paling efektif, memproduksinya dan menggunakannya dengan cara menyemprotkannya pada permukaan bahan makanan, sehingga dapat memperbaiki keamanan pangan.”

Dalam bulan Februari 2011, Ecoshield yang diproduksi perusahaan itu juga mendapat persetujuan FDA. Ecoshield digunakan untuk memberantas bakteri E.coli yang terdapat pada daging, makanan hasil laut atau sayuran.

Pengembangbiakan phage bukan hal baru. Phage ditemukan oleh ilmuwan Prancis tahun 1916.

Para pakar mengatakan meskipun tidak ada cara yang dapat membuat makanan benar-benar aman, penggunaan phage sangat membantu. Intralytix mengatakan tahun depan akan membuat phage untuk memberantas bakteri salmonella.

XS
SM
MD
LG