Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Desak Asia Tengah Akhiri Dominasi Negara-Negara Barat


Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, Presiden Kazakhstan Nazarbayev dan Presiden Rusia Medvedev pada acara KTT regional di ibukota Kazakhstan, Astana (15/6).

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, Presiden Kazakhstan Nazarbayev dan Presiden Rusia Medvedev pada acara KTT regional di ibukota Kazakhstan, Astana (15/6).

Ahmadinejad berbicara hari Rabu pada pembukaan KTT regional Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di ibukota Kazakhstan, Astana.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendesak negara-negara Asia Tengah untuk menciptakan tata dunia baru yang mengakhiri dominasi apa yang disebutnya “penguasa budak dan penjajah masa lalu” – sebuah istilah yang merujuk kepada negara-negara Barat.

Ahmadinejad berbicara hari Rabu pada pembukaan KTT regional Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di ibukota Kazakhstan, Astana. Hadir di KTT itu sebagai pengamat, ia mengatakan, semua negara yang berpartisipasi memiliki sejarah menghindari konflik, dan dengan bersatu mereka bisa menciptakan perdamaian di dunia,

SCO adalah forum keamanan dan ekonomi regional yang anggota-anggotanya mencakup Tiongkok, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Beberapa negara berpartisipasi sebagai pengamat, termasuk Iran, India, Pakistan and Mongolia.

Presiden Iran menggunakan banyak bagian pidatonya pada KTT itu untuk menyalahkan negara-negara Barat -- tanpa menyebut namanya – atas ketidakstabilan dunia. Setelah KTT itu, Rusia mengatakan Presiden Dmitry Medvedev mendesak Ahmadinejad untuk mengambil pendekatan yang lebih membangun dalam menyelesaikan perselisihan dengan enam negara besar dunia mengenai program nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, Medvedev juga menghimbau Presiden Iran untuk meningkatkan transparansi dalam komunikasinya dengan badan nuklir PBB. Presiden Rusia itu menyampaikan seruan itu dalam pertemuan tiga pihak dengan Ahmadinejad dan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev.

XS
SM
MD
LG